Pilih Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Sehat yang Mana?

SEMARANG (asatu.id) – Ritual waktu berolahraga setiap orang memang tidaklah sama. Ada yang memilih untuk berolahraga pagi adapula yang memilih olahraga di malam hari. Pasalnya, memang kebiasaan ini dikerjakan karena masing-masing memiliki alasan. Misalnya, tak bisa bangun pagi sehingga memilih olahraga diwaktu malam hari.

Lalu, sebenarnya, mana waktu olahraga yang tepat dan baik dilakukan?Apalah olahraga di pagi hari ataukah di malam hari? Berikut kelebihan dari masing-masing olahraga pagi atau malam yang telah dirangkum oleh asatu.id

Olahraga Malam

  1. Badan lebih siap

Jika anda tidak bekerja terlalu larut, maka bisa melakukan olahraga malam. Selepas bekerja, tubuh anda sudah siap untuk berolahraga. Ada kalanya, saraf tubuh belum ‘terbangun’ ketika anda olahraga di pagi hari. Satu lagi, saat malam hari, bakal banyak makanan dan lemak di dalam tubuh yang bisa dibakar saat berolahraga. Dengan demikian, olahraga malam akan lebih efektif dilakukan.

  1. Aman dan minim risiko cidera

Seandainya anda  lebih suka melakukan workout yang fokus pada kekuatan tubuh seperti squat, olahraga malam adalah pilihan tepat. Tubuh anda yang telah bergerak seharian akan lebih siap untuk melakukan gerakan-gerakan eksplosif. AN pun akan terhindar dari cidera.

  1. Punya waktu lebih banyak

Anda  akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk fokus berolahraga. Seperti untuk pemanasan, berkomunikasi dengan pelatih, sampai waktu untuk beristirahat. Jika dilakukan di pagi hari, anda hanya punya sedikit waktu untuk berolahraga karena harus segera berangkat bekerja.

Namun, olahraga malam juga ada poin minusnya. Pertama, hanya punya ada sedikit pilihan olahraga malam yang bisa anda pilih dan biasanya cukup memakan biaya. Seperti fitness di gym, badminton, ataupun futsal. Kedua, Anda bisa mengalami gangguan susah tidur. Jika olahraga di malam hari, anda akan tetap waspada sehingga sulit untuk tidur. Pola tidur anda bisa terganggu karena peningkatan hormon kortisol dalam tubuh.

 

Olahraga Pagi

  1. Murah biaya

Bisa dikatakan olahraga pagi itu lebih ekonomis. Banyak sekali pilihan olahraga gratis atau dengan biaya murah yang bisa kamu lakukan. Seperti, ikut senam gratis di supermarket, jogging, sepedaan, atau workout sederhana.

  1. Cepat membakar lemak

Olahraga pagi cocok berat untuk anda yang ingin kurusan, lho. Pembakaran lemak paling efektif dilakukan di pagi hari saat perut masih kosong. Saat berolahraga, kandungan gula dalam tubuh sedikit demi sedikit akan berkurang. Sesudah itu, lemak tubuh anda juga akan ikut terbakar!

  1. Energi positif

Jika dilihat dari sisi psikologis, olahraga pagi bisa meningkatkan energi positif seseorang. Bisa pula meningkatkan mood sebelum melakukan aktivitas seharian. Pikiran bisa rileks dan tenang. Jadi, nggak salah jika olahraga pagi digemari oleh orang-orang sukses di dunia. (Anin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *