Hendi: Indonesia Butuh Pemuda Pintar, Cerdas, dan Peduli Bangsa

SEMARANG (asatu.id) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan bangsa Indonesia membutuhkan pemuda yang pintar, cerdas dan peduli terhadap bangsanya untuk membangun bangsa.

“Kalau perlu, difabilitas pun sepanjang dia cerdas, pintar, punya kepedulian, dia akan dibutuhkan negara. Hari ini, penilaian terhadap anak muda berubah secara fisik”  kata Wali Kota Hendi pada acara pelatihan jurnalistik di SMA Negeri 12 Gunungpati, Semarang, Rabu (8/11),

Hendi membeberkan jenjang pendidikan formal dari TK, SD, SMP, SMA hingga kuliah tidak menjamin pemuda untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Pasalnya, perusahaan besar saat ini tidak hanya membutuhkan pemuda yang secara akademik mempunyai nilai yang bagus. Namun pemuda yang dicari adalah pemuda yang juga mempunyai prestasi dan ketrampilan lainnya.

“Anak muda harus punya tambahan ketrampilan yang lain, sehingga kalau anda pingin memenangkan pertandingan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang hebat maka harus mulai bersaing hari ini,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, ada beberapa kriteria pemuda itu tidak layak untuk ditiru oleh anak-anak muda sekarang. Pertama, anak muda tidak pintar dan tidak peduli yang sering mencari aktualisasi dirinya dengan hal-hal yang sesat.

Kedua, pemuda yang ingin cepat terkenal, tapi dengan cara menggunakan narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba dan menggelar aksi balap liar. Ketiga, pemuda yang tidak pintar dan tidak peduli dengan bangsanya sendiri.

Keempat, yaitu pemuda yang mempunyai kepintaran, namun dirinya tidak peduli. Seorang anak muda yang dia ingin membangun bangsanya, ingin membangun kotanya, tapi tidak punya kemampuan untuk membaca bahwa yang dia bantu keliru. “Contohnya apa? Ini tadi, suka ngeshare-ngeshare berita hoax,” tukasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *