Yayuk Basuki Serahkan Bantuan Alat Kesenian

SEMARANG (asatu.id) – Ingin menyelaraskan pelestarian kebudayaan lokal dengan sistem pendidikan di Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) menyediakan batuan alat kesenian tradisional untuk penunjang pendidikan kebudayaan.

Upaya ini juga sebagai cara untuk menyukseskan program pendidikan karakter melalui sektor kebudayaan.

Yayuk Basuki, Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menyerahkan bantuan pemerintah tersebut berupa satu paket alat kesenian tradisional kepada SD Muhammadiyah Purin, Kendal, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Penyerahan secara simbolis ini diterima langsung oleh Nurudin selaku Kepala Sekolah dan dihadiri oleh para siswa serta dewan guru.

“Dengan adanya bantuan berupa alat kesenian tradisional gamelan ini, sekolah diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta siswa pada kebudayaan lokal,” tutur Yayuk, seorang legenda tenis nasional yang kini berada di Komisi X DPR RI, menangani bidang pendidikan dan olahraga.

Dihadapan para guru dan seluruh siswa, Yayuk menjelaskan bahwa bantuan alat kesenian tradisional dari Kemendibud ini diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang cerdas serta memiliki cinta akan budaya tradisional. Sehingga dapat terbentuk generasi penerus bangsa yang lebih berkarakter.

“Pemanfaatan bantuan gamelan ini harus maksimal, sekolah juga diharapkan dapat merawatnya dengan baik serta mengembangkan bakat para siswa dalam bidang seni,” tambah Yayuk.

Seperangkat alat gamelan ini diletakkan di ruang kesenian di lantai 3 sekolah tersebut. “Keberadaan bantuan gamelan ini akan semakin memupuk semangat siswa-siswi kami dalam melestarikan budaya lokal. Tidak hanya untuk menggugah jiwa seni siswa, namun juga diharapkan bisa memetik prestasi dari keberadaan bantuan ini,” tegas Nurudin.

24

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan