5 Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer

SEMARANG ( asatu.id) – Mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting bagi manusia. Bekerja setiap hari di depan komputer bisa mengakibatkan kesehatan mata terganggu.

Terlalu lama bekerja di depan komputer dapat menyebabkan mata lelah, mata merah, bengkak dan berair. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama dan berlarut-larut maka akibatnya cukup fatal yaitu kerusakan pada mata Anda.

Nah, agar Anda masih tetap bisa bekerja produktif di depan komputer tetapi tidak mengganggu kesehatan mata. Maka wajib melakukan 5 tips yang telah dirangkum oleh asatu.id :

1. Atur jarak pandang

Sebaiknya atur jarak mata dengan layar komputer dengan cara jarak sepanjang lengan anda, jika telapak tangan anda masih bisa menyentuh layar berarti anda  masih kurang mundur, jika  telapak tangan sudak tidak bersentuhan itulah jarak yang ideal.

(Baca juga : http://asatu.id/2017/10/13/5-trik-mudah-rawat-laptop-agar-awet-dan-tak-mudah-rusak/ )

2. Jaga posisi tubuh

Posisi tubuh yang baik bagi anda yang sering di depan komputer adalah menjaga jangan sampai duduk membungkuk, menjaga siku dekat dengan badan dan pergelangan tangan tetap lurus, serta bahu dan punggung tetap rileks.Hal ini bermanfaat agar tubuh anda tidak tidak mudah capai, otot tidak terlalu kaku, sehingga anda tidak mudah terkena penyakit bekerja dengan duduk.

3. Jangan terlalu lama memandang layar komputer

Jangan terlalu lama memandang komputer, berilah waktu untuk break sejenak, paling tidak dalam 1 jam anda harus break 2 kali dengan 1 kali break sekitar 5 menit. Hal ini untuk menjaga mata agar tidak mudah lelah dan akan memberikan energi yang baru untuk melihat komputer lagi.

4. Kurangi kecerahan monitor

Sinar pada layar monitor sangat mempengaruhi fleksibilitas mata, oleh karena itu kurangi kecerahan sinar pada layar monitor tersebut. Jika anda memandang layar tersebut selama berjam-jam jangan memaksakan untuk mencerahkan layar dengan kecerahan maksimal. Anda harus menyeimbangkan cahaya pada layar monitor Anda agar seimbang dengan cahaya lampu dan tidak lebih terang dari cahaya lampu di sekitar ruangan Anda.

(Baca juga : http://asatu.id/2017/10/26/5-cara-jitu-atasi-kejenuhan-dalam-bekerja/ )

5. Pilih ukuran font yang cukup besar

Bila anda mengedit tulisan di depan komputer, gunakan huruf yang besar, idealnya adalah font 12. Jangan memaksa mata untuk membaca huruf yang lebih kecil pada monitor. Bila telah selesai mengedit atau membaca maka font bisa dikembalikan ke ukuran semula.

Setelah membaca semua tips diatas, apakah akan mulai memperhatikan kebiasaan Anda bekerja di depan komputer?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *