Stop Lakukan 3 Kebiasaan Sepele Ini, Cermati Risikonya Terhadap Kesehatan

ilustrasi pakai jeans

ilustrasi pakai jeans

SEMARANG (asatu.id) – Menjalankan aktivitas sehari-hari dan memiliki kebiasaan tertentu ternyata kadang membuat Anda melupakan efek negatifnya. Maksudnya, bukan ketika menjalankan aktivitas sehari-hari, mungkin Anda sering merasa nyaman dengan apa yang Anda lakukan. Sehingga kadang melupakan apakah hal tersebut memiliki risiko atau tidak.

Tak semua kebiasaan yang dilakukan memberikan dampak positif bagi tubuh kan?

Lalu, kebiasaan sepele apa saja sih yang dianggap sehat tapi sebenarnya malah membahayakan kesehatan Anda ?

Berikut 3 kebiasaan yang ternyata memiliki dampak negatif bagi tubuh yang telah dirangkum oleh asatu.id

  1. Memakai celana jeans ketat

Celana jeans memang sudah menjadi salah satu fashion item yang tak lekang oleh waktu. Wajar saja, selain membuat pemakainya terlihat keren, celana ini juga nyaman digunakan karena membuat si pemakainya bebas untuk bergerak.

Namun dibalik kenyamanannya, ternyata celana ketat berbentuk seperti pensil ini ternyata menyimpan bahaya lho! Jeans yang ketat akan membatasi gerak tubuh kamu dan membuat aktivitas kurang nyaman dilakukan.

Belum lagi jeans yang terlalu ketat juga berpotensi menghambat peredaran darah. Memang terdengar biasa, tapi jika dibiarkan secara terus menerus, bisa berakibat pada pembengkakan pembuluh darah di bagian-bagian betis yang biasa disebut sebagai varises.

  1. Menggunakan gawai berlebihan

Kini, Gawai sepertinya jadi barang yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan . Benda sebesar genggaman tangan ini tak hanya sebagai alat komunikasi saja, tapi memiliki banyak fungsi. Mulai dari sumber informasi terkini, alat pembayaran, sampai transaksi jual beli misalnya.

Tak heran, banyak dari anda yang bisa betah berjam-jam menatap layar gawai ini. Akibatnya, anda seringkali tak sadar, bahwa sebenarnya ada berbagai bahaya yang mengancam ketika kebiasaan menggunakan gawai yang berlebihan.

Seperti bahaya radiasi ponsel yang bisa merusak fungsi penglihatan. Bahkan, cara kamu mengetik dan menunduk kala menggunakan ponsel canggih juga memengaruhi tulang belakang dan jari-jari anda.Radiasi yang dihasilkan ponsel pada waktu yang lama dapat memicu kanker otak.

  1. Tidur dengan posisi tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap memang sangat nyaman dan mungkin sebagian orang sudah terbiasa melakukannya. Tapi tahu gak sih, tidur dengan posisi tersebut justru membahayakan kesehatan kamu.

Tidur tengkurap justru menyebabkan munculnya lipatan di sektiar hidung, mata, mulut dan pipi kamu. Seiring bertambahnya usia, kamu akan kehilangan banyak kolagen di lapisan kulit kamu sehingga lipatan-lipatan tersebut tak bisa kembali normal dan menjadi kerutan permanen.

Selain itu, leher akan berada di posisi yang tidak alami sebagaimana anatomi tubuh asli manusia dan itu bisa mengganggu sirkulasi darah. Maka dari itu, sebaiknya biasakan tidur dengan posisi terlentang atau menyamping dengan bantal guling di antara kaki sebagai sanggahan.

23

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan