5 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan Saat Menyerang

SEMARANG (asatu.id) – Musim pancaroba yang kini telah datang membuat Anda wajib menjaga kesehatan. Pasalnya, daya tahan tubuh yang tak fit maka dipastikan Anda akan mudah sakit. Salah satunya yang sering dialami yaitu mengalami radang tenggorokan atau faringitis.

Gangguan penyakit peradangan pada bagian faring ini bahkan nantinya jika semakin parah akan membuat permasalahan pada saluran pernapasan. Kondisi ini akan membuat penderita mengalami iritasi, suara serak, batuk, tenggorokan gatal dan ketika menelan akan terasa sakit saat melewati tenggorokan.

Nah, apabila Anda terlanjut mengalaminya, simak informasi yang telah dihimpun oleh asatu.id untuk mengobatinya :

  1. Mandi air hangat

Menghirup udara lembap dapat membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus juga mengatasi hidung mampet. Ganti air dingin yang biasa Anda gunakan saat mandi dengan air hangat, atau Anda bisa isi sebuah mangkuk besar dengan air hangat dengan menggantung selembar handuk di atas kepala Anda untuk menjaga uap hangat tidak keluar dari mangkuk. Tarik napas dalam-dalam selama beberapa menit dan terus ulangi selama beberapa saat untuk meringankan rasa sakit tenggorokan.

  1. Minum obat pereda nyeri

Salah satu perawatan paling efektif untuk radang tenggorokan adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Sebelumnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan ahlinya ya. Mana obat yang tepat untuk menghilangkan rasa sakit dan anti-peradangan. Anda dapat merasa baikan dan obat memang berpenaruh untuk mengurangi  pembengkakan yang terjadi.

  1. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan nyeri dan rasa panas dari sakit tenggorokan, beberapa studi menemukan bahwa berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

Campur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. Jika rasa asinnya tidak tertahankan bagi Anda, campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasa.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah obat alami yang sangat baik lain untuk sakit tenggorokan.Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi yang menyerang Anda. Hanya mengisap jeruk nipis segar atau berkumur dengan larutan jeruk nipis yang dicampur air hangat. Anda juga dapat mencoba jeruk nipis panas dengan madu.

  1. Wedang jahe

Anda juga dapat menggunakan wedang jahe untuk mendapatkan menyembuhkan dari masalah sakit tenggorokan. Ya, menghangatkan tenggorokan dengan minuman jahe disebut menjadi cara ampuh untuk mengusir radang Anda.

Selamat mencoba dan semoga masalah penyakit radang tenggorokan Anda dapat teratasi!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *