KPU Semarang Optimis Target Partisipasi Tembus 77 Persen

SEMARANG (asatu.id) – Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono mengatakan alam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahun ini, KPU Kota Semarang menargetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 77%.

Angka tersebut lebih tinggi daripada partisipasi masyarakat dlam Pilgub Jateng 2013 yang hanya mencapai 60 persen, dan Pilgub Jateng 2008 yang menyentuh angka 61 persen.

‘’Meski berat untuk dapat mencapai target 77% atau naik sebanyak 17%, namun kami optimis dapat mencapai target tersebut dengan cara gencar melakukan sosialisasi,’’ ujarnya, Minggu (29/10).

Terkait tahapan Pilgub Jateng, ia menerangkan saat ini sedang melakukan verifikasi admisnistrasi dan faktual parpol. Menurutnya, terdapat 13 parpol yang dinyatakan lolos tahap verifikasi. “Ada 14 yang daftar, tapi informasi di tingkat pusat ada satu yang tidak lolos verifikasi lanjutan jadi tinggal 13,” imbuhnya.

Adapun mengenai Daftar Pemilih Tetap (DPT), Henry menyebutkan, jumlah DPT di Kota Semarang sebanyak 1,1 juta lebih pemilih.

Sementara itu, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi berharap, agar forum atau kegiatan sosialisasi terkait pemilu seperti itu harus sering dilakukan agar masyarakat sadar dan paham untuk kemudian mampu mengikuti pemilihan umum.

“Kalau kita lihat Pilgub 2008, Pilgub 2013 , memang secara nominal atau jumlah pemilih dari Kota Semarang meningkat. Namun dari prosentase justru menurun. Tadinya di 2008 sekitar 61, di 2013 menjadi 60. Nah ini harus terus digaungkan pentingnya partisipasi dalam pemilu,” tukas Wali kota yang akrab disapa Hendi ini. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *