Tanam Pohon, Siswa Langsung Unggah ke Aplikasi Dinas LHK

SEMARANG (asatu.id) – Sebanyak 1.000 jenis pohon pemberian dinas Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ditanam oleh siswa-siswi SMAN 14 Semarang di 19 sekolah dasar negeri (SDN), tiga kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan kawasan pasar di Wilayah Tanah Mas, Semarang Utara.

Menariknya tidak hanya menanam saja, sebanyak 644 siswa dari kelas X dan XI yang terlibat aksi penanaman itu diwajibkan melaporkan hasil tanam dengan mengunggah ke Aplikasi Data Penanaman milik Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah.

Faisal Atha Naufal, siswa Kelas XI IPS 1, mengatakan setelah siswa menanam pohon selanjutnya harus memosisikan titik koordinat penanam melalui smartphone lewat aplikasi.

“Jadi dimulai penulisan nama siswa, lokasi penaman, jenis tanaman terus tulisannya yang diletakkan di pohon. Sesudah ditanam, selanjutnya lewat aplikasi diletakkan posisi koordinatnya setelah itu masukan foto bersama tanamannya,” ujarnya.

Menurut Faisal dengan aplikasi itu bermanfaat untuk memudahkan siswa memantau pohon yang ditanam. “Kegiatan seperti ini bagus terlebih untuk Dinas bisa memantau perkembangan pohon apalagi sebagai siswa setelah kita lulus masih tahu data penanam pohonnya,” ujarnya

Sementara Ikhsan Budi Lestari, Koordinator penananaman pohon di SD Negeri Panggung Lor, Jalan Kuala Mas III Semarang Utara menjelaskan penanaman yang melibatkan aplikasi  digital merupakan bagian pengembangan pembelajaran baru yang diwujudkan dari pihak dinas LHK dan panitia penamanan pohon.

“Penanaman lewat aplikas digital memang melihat dari kesuksesan mahasiswa Unnes yang menggunakan aplikasi. Jadi kami panitia belajar dari itu dan diharapkan tanaman yang distribusikan dapat dikontrol sekaligus membuat Jawa Tengah go green,” ujar pria yang juga menjadi guru matematika dan Wakil Kesiswaan SMAN 14 Semarang. (isan)

 

 

 

31

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan