Ganjar Ingin Kota Lama Lebih Menggeliat

SEMARANG (asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP berharap Kota Lama Semarang semakin mengeliat dari tahun ke tahun, sehingga kota yang dijuluki Little Netherland bisa menarik wisatawan, baik domistik maupun mancanegara.

Harapan orang pertama di jajaran Pemprov Jateng dilontarkan saat menghadiri berbagai kegiatan yang dihelat di Kota Lama, seperti pameran foto, pagelaran musik, maupun seni budaya lainnya.

“Pameran ini sangat menarik, karena menampilkan situasi sosial dan budaya masyarakat Pantura. Orang pasti terbelalak matanya, hatinya terganggu atau tergoda ketika melihat foto-foto ini,” ujar Ganjar Pranowo di sela kunjungan pameran foto Pantura, di Galeri Monod Diephuis, Jalan Kepodang, Kota Lama, Semarang, Sabtu (21/10) malam.

Sebanyak 55 foto karya Pewarta Foto Indonesia (PFI) Semarang terpajang di pameran tersebut. Jepretan wartawan fota ibukota Provinsi Jateng menampilkan situasi yang sangat sosial dan khas Pantura. “Semua foto yang terpajang di sini menarik,” akunya.

Puluhan foto yang dipamerkan di ruang tengah lantai dua gedung, antara lain bercerita tentang karakteristik dan aktivitas nelayan pantai utara, situasi arus mudik, macet parah di jalur pantura, serta kondisi pasar dan Terminal Terboyo yang lumpuh akibat terjangan air laut pasang atau rob.

Selain gambar yang mengabadikan kondisi sosial dan lingkungan, pameran foto jurnalistik bertajuk “Pantura” itu juga menyuguhkan beragam budaya lokal di wilayah Pantura. Seperti tradisi nyadran atau sedekah laut, pawai obor dalam rangka perayaan Tahun Baru Islam di Pakumbulan, Kabupaten Pekalongan, pagelaran musik dangdut.

Selain pameran foto, PFI juga membuat sejumlah pelatihan fotografi dalam rangkaian acara tersebut. Pada hari kedua atau Minggu (22/10), diskusi Landscape Photography bersama komunitas Instanusantara Semarang menjadi pelatihan pertama dalam rangkaian Pameran Foto Pantura.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *