Pembangunan Pasar Johar Baru Dimulai

SEMARANG (Asatu.id) – Pembangunan Pasar Johar baru tahap pertama dimulai. Hal tersebut menyusul groundbreaking di lokasi bekas Pasar Kanjengan blok C dan D oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Jumat (20/10).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, dalam pembangunan Pasar Johar tahap pertama tersebut menggunakan biaya Rp 93 miliar dari Kementerian Perdagangan. Ditargetkan, pembangunan ini akan selesai pada akhir Desember 2017.

“Setelah selesai kita lanjutkan pembangunan tahap berikutnya di tahun 2018. Kita ada dana APBD Kota Rp 50 miliar untuk membuat alun-alun. Dan Rp 240 miliar dari Kementerian PUPR untuk melanjutkan pekerjaan pada bangunan cagar budaya Pasar Johar,” ujar Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini.

Hendi menerangkan, pembangunan Pasar Johar tahap pertama ini adalah kroyokan dari dana dari pemerintah pusat dan pemerintah kota. Sementara dari Pemerintah Provinsi Jateng diakui belum meminta. Namun pihaknya yakin Gebernur Jateng Ganjar Pranowo di 2019 pasti akan melengkapi untuk membangun Pasar Johar ini.

Setelah mengerjakan pembangunan di bekas Pasar Kanjengan dan di bangunan cagar budaya Johar yang terbakar dari dana APBD Kota, berikutnya adalah penyelesaian bangunan cagar budaya dengan dana Kementerian PUPR.

Hendi berharap, di tahun 2019 bangunan cagar budaya yang terbakar kembali seperti semula, dan sekitarnya sudah berubah. “Jadi harapan kami di 2019 alun-alunnya sudah bagus, di bawahnya sudah dipakai pedagang. Dan Pasar Kanjengan ini dibangun lebih bagus lagi,” tukasnya. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *