Waspadai Hujan Deras Berdurasi Lama!

SEMARANG (asatu.id) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengingatkan masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan pada musim penghujan tahun ini. Apalagi, jika hujan berintensitas tinggi dengan berdurasi lama.

“Masyarakat yang bermukim di daerah rawan banjir sekarang ini perlu meningkatkan kewaspadaan, terutama saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi (deras),” ujar Hendrar Prihadi, di Semarang, Kamis (19/10).

Walikota mengatakan potensi bencana banjir hingga longsor sewaktu-waktu dapat terjadi di Semarang, mengingat topografi wilayah ini memiliki dataran tinggi dan rendah.

Seperti diketahui, Kota Semarang terdiri dua wilayah, yakni wilayah atas dan bawah. Di wilayah bawah seperti Semarang Utara dan Semarang Timur. Dengan kondisi geografis ini,  dua wilayah tesebut rawan terjadi banjir.

Sedangkan wilayah atas, seperti Banyumanik, Tembalang, Gunungpati, dan Semarang Selatan yang wilayahnya berbukit sangat rawan terjadi longsor.

Menurut Hendi sapaan akrab Wali Kota, Pemkot Semarang kini masih melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang rawan terjadi longsor, seperti di Kecamatan Gajah Mungkur dan Candisari.
Dia meminta jajarannya, terutama para camat dan lurah, agar aktif melakukan pemantauan terhadap kondisi warganya, khususnya yang berada di wilayah rawan bencana dan menyosialisasikan kepada warga yang tinggal di wilayah tebing yang curam untuk selalu waspada ketika hujan tiba. (is)
 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *