Kawal Tahapan Pemilu 2019 dan Pilgub 2018!

SEMARANG (asatu.id) – Pendiri Jaringan Advokasi Hukum dan Pemilu Jawa Tengah (Jateng), Teguh Purnomo meminta masyarakat dan akademisi untuk mengawal tahapan Pemilu 2019 dan Pemilihan Gubernur Jateng 2018.

Hal tersebut bertujuan mengawal pelayanan Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dikatakan Teguh, masyarakat dan stakeholder pemilu harus memperhatikan pelayanan KPU dan pengawasan Bawaslu.

“Masyarakat dan pihak terkait dengan pemilu harus cermat dalam menelaah pelayanan KPU dan pengawasan Bawaslu, apakah sudah dilaksanakan sesuai UU No.7 2017 dan regulasi-regulasi turunannya dalam tahapan pendaftaran parpol,” ujarnya, saat dihubungi, Rabu (11/10).

Ia melanjutkan, jajaran KPU perlu diingatkan agar dapat menjelaskan secara rinci terkait prosedur dan tata cara pendaftaran, penelitian administrasi, verifikasi faktual parpol, serta seluk beluk Sistem Informasi Politik (Sipol) kepada para stakeholder terutama Bawaslu dan partai politik.

Ia berharap agar ketiga pihak, yakni KPU, Bawaslu, dan partai politik, mempunyai pemahaman yang sama, untuk meminimalisasi perbedaan pendapat, sehingga tahapan pemilu bisa berjalan dengan lancar.

“Saya berharap dengan adanya pengawasan tersebut akan tercipta demokrasi yang harmonis, berkualitas dan berintegritas,” pungkas Teguh. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *