TPA Jatibarang Bisa Jadi Pioner Pengelolaan Sampah

SEMARANG (asatu.id) – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Komite II Denty Eka Widi Pratiwi menilai TPA Jatibarang, Kecamatan Mijen mampu jadi pionir pengelolaan sampah menjadi energi listrik yang mandiri di Indonesia. 

Seperti diketahui, pengelolaan sampah menjadi sumber daya listrik tersebut telah berhasil menarik investor dari Pemerintah Negara Denmark.

Menurut Denty, dibutuhkan peran serta masyarakat untuk mendukung program tersebut.  “Peran serta masyarakat sangat penting. Misalnya dalam pemilihan sampah. Sebab tanpa pemilahan sampah yang tepat bisa dikelola menjadi energi listrik. Untuk itu, memang harus ada edukasi dari pemerintah setempat,” ujarnya, dalam kunjungannya ke TPA Jatibarang, Selasa (10/10).

Dia menilai, pengelolaan sampah menjadi energi listrik di Semarang sudah menggunakan alat yang memadai dan mendukung dalam pelaksanaannya.

Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menambahkan, program pengelolaan sampah menjadi listrik tersebut diharapkan bisa dimulai di tahun 2018.

“Untuk progres kerjasama dengan Pemerintah Denmark, pada 23 Oktober nanti akan diresmikan pelaksanaan project landfill. Dan pengelolaan sampah di Jatibarang ini akan menghasilkan energi listrik sebesar 1,5 megawatt,” imbuhnya. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *