4 Tips Redakan Perut Kembung Secara Alami

ilustrasi perut kembung

ilustrasi perut kembung

SEMARANG (asatu.id) – Perut kembung  seringkali mengganggu aktivitas dan membuat Anda menjadi tak nyaman. Rasa gas yang penuh di dalam perut membuat nafsu makan menghilang. Penyebab, perut kembung ternyata bisa disebabkan oleh banyak hal.

Jika perut kembung mulai terasa ada beberapa cara mengatasinya tanpa minum obat. Berikut 4 cara mengatasi perut kembung yang telah dirangkum oleh asatu.id :

  1. Hindari makanan mengandung gas

Beberapa makanan secara alami ketika dicerna akan menghasilkan gas di dalam sistem pencernaan yang kemudian dapat membuat perut Anda kembung. Hindari sayur-sayuran yang mengandung gas seperti brokoli, kembang kol dan kubis.

Makanan lain seperti roti, susu dan produk turunannya juga perlu dihindari karena kandungan laktosa memang cukup lambat untuk dicerna Hindari pula minuman yang mengandung soda atau lebih baik Anda mulai menghentikan mengonsumsinya untuk hasil terbaik.

  1. Makan pelan-pelan

Mengunyah makanan dengan terburu-buru disebut menjadi penyebab terjadinya gas pada perut. Hal ini juga terjadi karena sistem pencernaan membutuhkan usaha lebih untuk mencerna makanan Anda, yang kemudian dapat menyebabkan timbulnya gas.

Oleh karena itu, mulailah mengunyah 20 kali sebelum Anda menelan makanan. Agar makanan yang telah dikunyah sudah lumat dan mudah dicerna oleh organ pencernaan. Hasilnya, jika makanan lebih cepat dicern maka akan membuat usus Anda bebas dari gas berlebih karena  tidak ada makanan yang menumpuk pada usus.

  1. Sering-seringlah kentut dan bersendawa

Suka menahan kentut karena takut malu?Duh, stop kebiasaan Anda ini karena ternyata menahan kentut bisa membuat perut semakin kembung. Langsung saja cari tempat yang aman untuk mengeluarkan kentut agar terhindar dari masalah perut kembung. Selain itu, sendawa juga bisa disebut menghilangkan gas dan kembung. Maka semakin sering kamu kentut dan bersendawa berarti semakin berkurang gas dalam perut.

  1. Kurangi gorengan

Tahukah kamu sebenarnya usus 5x lebih berat dalam mencerna lemak? Yup, lemak memang lebih sulit dicerna oleh tubuh. Maka dari itu, jika perut kamu sedang kembung pastikan jangan mengonsumsi makanan berlemak, khususnya yang digoreng memakai minyak. (Anin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *