5 Manfaat Kulit Pisang yang Tak Banyak Diketahui, Ini Faktanya!

ilustrasi makan pisang

ilustrasi makan pisang

SEMARANG (asatu.id) – Selama ini manfaat pisang untuk kesehatan sudah banyak diketahui. Namun ternyata tak banyak yang mengetahui maanfaat dari kulit pisang tersebut. Tak heran, biasanya setelah makan buah ini,  kulitnya pun langsung dibuang begitu saja.

Belum banyak yang tahu bahwa kulit pisang memiliki senyawa antibiotik dan mengandung karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, vitamin C, air, zat besi, serta vitamin B.

Nah, agar tak lagi langsung membuat kulit pisang maka Anda perlu menyimak informasi yang telah elah dirangkum oleh asatu.id. Berikut manfaat kulit pisang :

  1. Memutihkan gigi

Salah satu manfaat kulit pisang adalah memutihkan gigi. Kandungan mangan, magnesium, dan potassium pada kulit pisang dapat membantu memutihkan lapisan email pada gigi.

Cara menggunakannya sangat mudah, yakni dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang dengan melakukan gerakan melingkar selama dua hingga lima menit. Lalu, bersihkan dengan cara menggosok gigi seperti biasa. Lakukan rutin selama satu hingga dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Merawat sepatu, kulit, dan perak

Kulit pisang juga dapat gunakan untuk mengkilapkan beberapa koleksi Anda seperti sepatu, produk yang terbuat dari kulit dan perak. Sepatu yang terlihat kusam bahkan dapat terlihat baru hanya dengan menggosokkan kulit pisang pada sepatu. Seperti halnya ketika Anda menggunakan semir sepatu.

Selain itu, cobalah untuk merawat koleksi Anda yang terbuat dari kulit dan perak dengan menggosokkan kulit pisang.

  1. Mata panda

Menghancurkan kulit pisang disebut bisa membuat mata panda Anda lenyap. Cukup oleskan pada bagian bawah mata dan diamkan selama 15 menit. Anda bisa buktikan kebenarannya!

  1. Mengangkat noda tinta dari kulit dengan cepat

Para pekerja yang kemejanya selalu terkena tinta pulpen ternyata dapat memanfaatkan kulit pisang untuk mengatasinya. Gosok bagian dalam kulit pisang ke bagian tubuh yang terkena tinta. Hingga nantinya kulit pisang berubah warna, dan noda pada kulit Anda akan menghilang. Minyak alami yang terkandung di dalam kulit pisang bermanfaat untuk menarik minyak di tinta.

  1. Menghaluskan Kulit Wajah

Bagi yang ingin merawat kulit wajah dengan murah dan praktis sepertinya cara ini sesuai dengan keinginan Anda. Caranya yaitu dengan menghancurkan kulit pisang hingga halus lalu oleskan pada bagian wajah secara merata.

Untuk hasil yang maksimal bisa tambahkan madu asli ke bahan. Anda bisa terapkan hal ini setiap pagi dan sebelum tidur hari secara rutin. (Anin)

12

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan