Plus Minus Kerokan Untuk Hilangkan Masuk Angin

Plus minus kerokan hilangkan masuk angin

Plus minus kerokan hilangkan masuk angin

SEMARANG (asatu.id) – Masuk angin sering dialami oleh semua orang dan membuat tubuh jadi lemas. Lalu, kerokan pun masih menjadi solusi untuk menghilangkan masuk angin. Banyak yang mengakui manfaat kerokan bagi kesehatan tubuh dan bahkan merasa lebih segar setelah dikerok.

Terapi atau pengobatan tradisional ini menggunakan beberapa benda tumpul seperti koin, batu giok, gundu, jahe dan potongan bawang merah untuk menghilangkan masuk angin.

Nah sebenarnya terdapat kelebihan dan kekurangan dari kerokan. Berikut seluruh informasi yang dapat dihimpun oleh asatu.id

  1. Potensi terhadap penyakit stroke

Ahli Penyakit Jantung dari RS Harapan Kita Prof. DR. Dr. Budhi Setianto, SpJP mengatakan kebiasaan kerokan di sekitar leher dapat mengakibatkan stroke bila ada saraf yang rusak. Saat kerokan, pembuluh darah akan melebar. Jika dilakukan terlalu sering dan di bagian yang sama, dikhawatirkan pembuluh darah kecil dan halus akan semakin melebar lalu pecah. Tentunya ini sangat berbahaya terutama untuk para orang tua.

  1. Virus dan bakteri masuk kedalam tubuh

Ketika tubuh dikerok kita maka pori-pori kulit akan terbuka lebar oleh panas dari gesekan koin dan kulit kita. Dan saat pori-pori terbuka lebar, dengan mudah angin membawa masuk virus dan bakteri ke dalam tubuh kita. Jadi semakin sering anda kerokan maka pori-pori anda akan terbuka lebar dan rentan akan virus dan bakteri.

  1. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil kebiasaan kerokan tidak dianjurkan untuk dilakukan lagi. Pasalnya, tubuh ibu hamil yang menghasilkan zat cytokines disebut dapat memicu pelepasan prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi Rahim dini.

Sementara memilih terapi tradisional ini ternyata juga memiliki kelebihan, yaitu :

  1. Tidak merusak

Menurut penelitian kerokan mampu memperlancar aliran darah. Selain itu suplai oksigen dalam darah juga meningkat.

  1. Meningkatkan hormon endorfin pada tubuh

Zat endorfin adalah sebuah senyawa yang diproduksi oleh tubuh kita. Zat ini disebut juga morfin alami karena zat ini membuat perasaan tenang dan nyaman. Dan dengan perasaan tenang dan nyaman tersebut otomatis akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Nah, setelah Anda membaca kelebihan dan kekurangannya, apakah kerokan masih menjadi pilihan untuk menghilangkan masuk angin?(Anin)

37

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan