Pemilih Pemula di Semarang Dipredikasi Naik

SEMARANG (asatu.id) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Henry Wahyono mengatakan, jumlah pemilih pemula dalam gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 mendatang diperkirakan akan meningkat.

Henry memprediksi, untuk jumlah pemilih pemula Kota Semrang meningkat antara 20 ribu hingga 30 ribu pemilih. Namun demikian pihaknya mengaku belum mengantongi secara pasti.

“Jumlah pemilih pemula masih dalam proses, belum bisa kami akumulasikan, tapi dari data agregat kependudukan kita, masih ada kenaikan mungkin sekitar antara 20.000 sampai 30.000 orang,”ujarnya, Selasa (3/10).

Sedangkan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), lanjutnya, dari Kota Semarang untuk Pilgub 2018, pihaknga masih memproses data agregat kependudukan untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara (DPS).

“Belum ada DPT hari ini, masih data agregat pendudukan yang nanti akan kita proses menjadi daftar pemilih sementara untuk pemilihan gubernur tahun 2018,” katanya.

Terkait faktor apa saja yang mempengaruhi DPT, Henry menerangkan diantaranya perpindahan penduduk di sebuah daerah, penduduk meninggal serta adanya pemilih pemula.

“Tetapi kan ada yang mutasi, ada yang pindah dari Kota Semarang. Ada daftar pemilih yang mutasi, ada yang keluar, ada yang meninggal, ada yang masuk, ini nanti yang kita jumlah,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *