Hari Batik Nasional, Roemah D Gelar Workshop Mini Album dari Perca Batik

SEMARANG (asatu.id) – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, untuk kedua kalinya Roemah Difabel bekerja sama dengan Akalpa Handmade Arts & Craft mengelar workshop mini album dari perca batik terhadap Komunitas Sahabat Difabel.

Pelatihan yang berlangsung lebih kurang empat jam itu, dengan pembicara Amelia Utomo sebagai pemberi materi dengan dibantu kedua temannya yaitu Arif Eko dan Novi menjelaskan tentang teknik dasar membuat mini album dengan memanfaatkan kertas bekas undangan berukuran tebal dan perca batik.

“Saya memilih batik sebagai dasar pembuatan mini album karena batik adalah salah warisan budaya tradisional bangsa Indonesia yang memiliki daya jual tinggi dan sekaligus sebagai identitas bangsa Indonesia,” kata Amelia.

Selain itu, tambah Amelia, juga bisa dijadikan cinderamata ataupun buah tangan karena lebih berkesan. Kalau baju batik atau kain batik, kan sudah umum di masyarakat tapi kalau kerajinan tangan dari batik masih jarang,” terang Amelia Utomo saat memberikan pelatihan di Roemah Difabel, Jalan MT.Haryono no.266, Semarang, Senin,(02/10).

Amelia berharap, Akalpa Handmade Arts & Craft dapat memberikan pelatihan secara rutin setiap bulannya, tentu saja dengan jenis pelatihan Handycraft yang berbeda.

Dirinya terharu dan bangga melihat antusiasme teman-teman difabel dalam mengikuti workshop mini album dari perca batik.

“Meskipun pelatihan yang kedua ini lebih rumit, tapi tidak masalah, sebab semua ini akan menjadi sebuah pengalaman yang berharga. Nanti pelatihan yang saya berikan, teman-teman bisa memilih, jenis kerajinan tangan apa yang nanti akan didalami dan tekuni sehingga bisa membantu teman-teman difabel mandiri secara finansial,” pungkas Amelia Utomo.(Yeni Endah)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *