Kopi vs Teh, Mana yang Baik Dikonsumsi Pagi Hari?

ilustrasi meminum teh

ilustrasi meminum teh

SEMARANG (Asatu.id) – Biasanya, secangkir kopi atau teh selalu disediakan di pagi hari untuk dinikmati. Ada yang merasa teh lebih baik dikonsumsi. Begitu pula sebaliknya, pencinta kopi akan menganggap bahwa secangkir kopi lebih baik dan sehat diminum di pagi hari. Lalu, manakah yang benar?

Berikut ini beberapa kelebihan antara kopi dan teh yang bisa meyakinkan Anda untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Yuk, simak kelebihan dan kekurangannya apabila diminum di pagi hari.

  1. Kopi

Meminum secangkir kopi tanpa gula di pagi hari dapat mencegah diabetes tipe 2. Kopi juga disebut mampu melindungi lever terutama dari penyakit sirosis hati dan kanker lever. Hebatnya, kebiasaan minum kopi ternyata mampu menurunkan risiko asam urat pada pria berusia lebih dari 40 tahun. Penyakit Alzheimer saja bisa diturunkan risikonya dengan rutin meminum kopi. Senyawa pada kopi bahkan bisa dipakai untuk membuat obat baru dalam mengobati penyakit jantung dan insomnia. Meningkatkan memori jangka pendek dan menjadi obat pereda nyeri hingga meningkatkan efektivitas.

Sayangnya, memilih kopi di pagi hari bisa membuat Anda harus lebih ekstra menjaga penampilan gigi dan mulut khusunya. Pasalnya kebiasaan ngopi bisa membuat gigi berubah warna menjadi kekuningan. Kopi juga disebut bisa menurunkan aliran darah ke jantung.

  1. Teh

Meminum secangkir teh di pagi hari lanjut kembali meminum di sore dan malam hari maka bisa disebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Khasiatnya yang lain adalah, teh bisa mencegah penyakit diabetes tipe 1. Teh memiliki efek relaksasi apabila dicampurkan dengan campuran bunga mint. Meminum teh juga tak merusak gigi karena ada kandungan fluoride pada teh yang justru bisa melindungi gigi. Beberapa jenis teh bahkan memiliki kelebihan ekstra, misalnya teh hijau yang melindugi tubuh dari kanker paru. Minuman ini juga disebut memiliki kandungan antioksidan yang membantu melawan penuaan dini hingga membantu yang hendak menurunkan berat badan.

Sementara kekuranganya adalah teh mengandung pestisida dan memiliki kandungan tanin dalam jumlah besar. Kandungan tanin tersebut berakibat pada penyerapan zat besi yang berlebihan sehingga dapat membuat penyakit anemia cepat datang.

Nah, setelah melihat semua kelebihan dan kekurangan kopi dan teh, Anda akan pilih yang mana untuk membuat pagi lebih sehat?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *