Mandi Air Hangat vs Mandi Air Dingin, Sehat yang Mana?

ilustrasi mandi

ilustrasi mandi

SEMARANG (Asatu.id) – Membersihkan tubuh dengan  mandi di pagi hari  menjadi kewajiban yang dilakukan setiap harinya. Namun, ritual mandi ini ternyata dilakoni berbeda oleh beberapa orang.

Ada yang memilih untuk mandi menggunakan air hangat tetapi ada pula yang terbiasa menggunakan air dingin. Tahukah Anda, hal ini sampai sekarang masih terus menjadi perdebatan. Lalu, manakah yang paling sehat? Agar Anda semakin yakin dengan pilihannya maka simak beberapa manfaat dari mandi dengan air hangat dan air dingin berikut ini.

Mandi dengan air hangat dipercaya dapat memberikan berbagai khasiat.

  1. Melancarkan peredaran darah
  2. Melemaskan otot-otot yang tegang dan kaku
  3. Mengurangi stress dan tingkat kecemasan yang tinggi
  4. Mencegah insomnia atau gangguan tidur
  5. Membuat kulit jadi lebih bersih yang disebabkan karena air dengan suhu yang tinggi akan membuat pori-pori kulit terbuka hingga pembersihan hingga ke dalam.

Selain keunggulan dari mandi dengan air hangat ternyata ada beberapa risiko juga yang bisa disebabkan. Yaitu, membuat kulit menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Pasalnya, air panas ternyata juga mengganggu kelenjar minyak di kulit. Lalu, air dengan suhu yang tinggi bisa menurunkan tekanan darah. Anda yang hipotensi akan merasa kepala berkunang-kunang ini terjadi karena tekanan darah Anda drop mendadak.

Sementara bagi Anda yang terbiasa menggunakan air dingin untuk mandi berikut manfaat yang bisa dirasakan.

  1. Air dingin yang ideal untuk mandi disebut berkisar pada 21 derajat celcius, apabila suhu sudah tepat maka mandi dengan air dingin dapat menyegarkan pikiran.Suhu air yang dingin dapat memicu otak agar memproduksi hormon norepinefrin yang membantu Anda lebih fokus.
  2. Menjaga kesehatan rambut dan kulit karena air dingin disebut bisa membuat kulit tetap lembap.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh karena suhu dingin membuat tubuh dapat memproduksi berbagai protein sehingga memunculkan sistem imun yang berguna melawan berbagai virus.
  4. Mampu meredakan depresi karena air dingin yang bersentuhan dengan ujung saraf di permukaan kulit akan mengirimkan impuls-impuls elektrik pada otak. Hal ini dianggap sebagai sinyal agar otak yang terpicu memproduksi hormone beta-endorfin dan membuat Anda merasa lebih baik.

Sedangkan risiko menggunakan air dingin saat mandi menurut beberapa penelitian adalah pembuluh darah menyempit dan mengalami hipotermia apabila suhu air terlalu tinggi. Apalagi kalau Anda mandi air dingin dan berlama-lama di kamar mandi. Suhu tubuh Anda akan berisiko drop secara tiba-tiba.

Nah, kira-kira setelah mengetahuinya berbagai khasiat dan kekurangannya, Anda pilih yang mana?

81

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan