E-Tilang Kota Semarang Mulai Dijalankan

SEMARANG (asatu.id) – Penerapan E Tilang mulai dilakukan Senin (25/9). Hal tersebut sesuai kesepakatan yang dilakukan oleh forum lalu lintas Kota Semarang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Muhammad Khadik mengatakan, sebelumnya Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Satlantas Polrestabes Semarang telah melakukan sosialiasi kepada masyarakat terkait diberlakukannya E Tilang.

Pihaknya mengimbau masyarakat tidak perlu resah dengan E-Tilang tersebut, dikarenakan, pada dasarnya E-Tilang merupakan penggunaan teknologi dalam penerapannya.

“Masyarakat tak perlu resah kalau taat aturan tentu tidak ada alasan bagi petugas melakukan tilang,” ujar Khadik.

Pemberlakuan aturan E Tilang sendiri, akan menggunakan teknologi Automatic Traffic Control System (ATCS), yang bisa terhubung langsung dengan server di Markas Dishub Semarang.

Teknisnya, petugas Dishub akan menangkap gambar pelanggaran yang terekam di ATCS CCTV, dan akan diketahui platnomor dan gambar dari pelanggar tersebut, data tersebut lalu dikirim ke Satlantas dan Ditlantas Polda Jateng untuk dikukan penindakan.

Saat ini, pengawasan terkait ATCS dilakukan mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 10.00 malam yang dibagi dalam dua shif untuk memantau pelanggaran yang dilakukan pengendara.

“Nanti dilihat perkembangannya kalau bagus dan efektif, kami akan lakukan pemantauan selama 24 jam,” imbuhnya.

Saat ini, pihaknya menjelaskan, dari 67 titik persimpangan bertraffic light di Kota Semarang, sebanyak 26 ATCS sudah terpasang.

“Nantinya sebanyak 11 ATCS CCTV akan ditambah untuk mendukung E-Tilang ini,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *