Ini Loh 5 Alasan Cepat Bangun Pagi Saat Hari Libur

credit photo by Pexels

SEMARANG (asatu.id) – Saat akhir pekan tiba, Anda yang berniat ingin bermalas-malasan di tempat tidur justru malah bangun lebih pagi!Apakah Anda mengalami hal ini? Jangan heran karena ternyata hal ini umumnya dialami oleh banyak orang.

Ya, akhir pekan memang ideal dihabiskan untuk beristirahat atau bersantai atau melepaskan penat setelah lima hari bekerja melakukan rutinitas. Namun, tubuh Anda justru malah terasa segar dan bisa bangun pagi ketika waktu libur tiba.

Ternyata ini loh beberapa penyebabnya :

 

 

  1. Tidak menjalankan rutinitas seperti biasa

Sebenarnya yang membuat Anda susah bangun pagi dihari-hari biasanya karena sudah tahu akan melakukan rutinitas sehingga membuat otak Anda ingin memanfaatkan waktu sebanyak-banyaknya beristirahat. Oleh karena itu, anda enggan untuk melepaskan guling, dan selimut yang seolah mengikat erat. Sementara di hari libur Anda tidak merasakan beban itu alias bisa santai seharian sehingga lebih semangat untuk bangun pagi.

  1. Berlibur

Hari libur memang waktu yang tepat untuk plesir maka Anda pun termotivasi bangun lebih awal karena sudah punya rencana bepergian, Ya, bepergian jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam perjalanan juga membuat Anda bersemangat bangun pagi.

  1. Berpikir memiliki banyak waktu untuk tidur siang

Anda tahu masih ada waktu tidur yang panjang saat libur sehingga saat Anda terbangun pagi tak merasa berat. Sebagai gantinya, Anda sudah berpikir bahwa waktu tidur siang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat. Makanya Anda  merasa tidak masalah apabila harus bangun lebih awal di hari libur.

  1. Faktor Usia

Lama waktu tidur setiap orang berbeda-beda tetapi ternyata faktor usia juga mempengaruhi. Pasalnya, pola tidur dan bangun selama berada di usia dewasa muda memiliki waktu tidur tak lebih dari 7 jam. Sementara yang berada di usia lansia memiliki waktu tidur lebih singkat.

  1. Masalah kesehatan mental

Kali ini Anda harus waspada apabila mengalaminya. Sebabnya, ternyata menurut penelitian mengalami stres,depresi dan kecemasan pada seseorang sering disertai dengan insomnia yang mengakibatkan Anda jadi bangun lebih pagi dari biasanya. Sebaiknya apabila mengalami hal ini karena gangguan psikologis segera berkonsultasi dengan dokter ahli. (Anin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *