4 Manfaat Liburan yang Wajib Anda Ketahui

Ilustrasi menikmati waktu berlibur

Ilustrasi menikmati waktu berlibur

SEMARANG (Asatu.id) – Melakukan rutinitas pekerjaan setiap hari tentu membuat Anda jenuh dan bosan. Pastinya, akhir pekan menjadi penantian panjang untuk bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Nah, biasanya banyak yang memilih untuk membuat rencana berlibur singkat atau sekadar plesiran bersama teman-teman.

Berlibur dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Bahkan sejumlah penelitian menunjukkan bahwa liburan merupakan solusi untuk menghadapi kepenatan dalam dunia kerja. Salah satu manfaat berlibur yang dapat dirasakan adalah mampu mendorong produktivitas maupun menambah semangat dalam mengejar karir.

Berikut beberapa manfaat dari berlibur yang bisa Anda rasakan ketika meluangkan waktu untuk berlibur :

  1. Menjaga sel otak

James Sands dari South Coast Institute for Applied Gerontology meneliti 112 wanita yang berumur 65-92 dan menemukan ada suatu hubungan antara rutinitas hidup yang banyak dengan menurunnya fungsi intelektual. Menariknya, ternyata ketika Anda berlibur maka ada hubungan positif yang terjalin dengan fungsi intelektual. Penyebabnya adalah liburan dapat menyegarkan kondisi jiwa dan raga Anda. Hasilnya, Anda menjadi lebih siap dan penuh energi untuk menghadapi berbagai pekerjaan dan tantangan dan jauh dari kata depresi dan stres.

  1. Merasa lebih bahagia

Peneliti telah menunjukkan liburan ternyata sangat dianjurkan oleh tim medis karena memiliki pengaruh terhadap peningkatan kesehatan. Perusahaan akuntansi Ernst & Young melakukan sebuah survei menarik mengenai dampak liburan pada pegawai. Salah satu penemuannya menunjukkan bahwa para karyawan yang berlibur selalu bisa menunjukkan peningkatan kinerja di kantor dibandingkan dengan karyawan yang jarang berlibur.

  1. Membangkitkan Semangat

Liburan juga dapat mengembalikan gairah dan suasana hati. Dimana dengan baiknya suasana hati akan membangkitkan semangat Anda serta meningkatkan semangat dalam menjalankan kembali rutinitas kerja.

  1. Mengurangi Resiko Kematian

Dikutip dari mindbodygreen.com, The New York Times memberitakan orang-orang yang kurang berlibur rentan terkena kebosanan dan kejenuhan.Karyawan bahkan disarankan untuk mengambil waktu liburan sebanyak dua kali dalam waktu satu tahun. Bahkan ada yang menyebutkan bagi karyawan yang tak bisa memanfaatkan waktu untuk berlibur disebut memiliki risiko kematian 21 persen lebih tinggi dan risiko terkena serangan jantung sebesar 32 persen. (Anin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *