Ini Lho Olahraga Pagi yang Tepat dan Cukup 10 Menit Dilakukan

Semarang (asatu.id) – Ingin merasakan bisa fit dan bersemangat sepanjang hari?Nah, ternyata melakukan olahraga ringan dengan waktu yang singkat menjadi jawabannya. Ya, manfaatnya, selain sehat Anda dapat bangun pagi dan memulai hari dengan penuh percaya diri.  Tak ada lagi kata malas dan memilih bermalas-malasan keluar dari hangatnya selimut.

Hanya dalam waktu 10 menit, olahraga ini ternyata bisa membuat Anda terdorong untuk lebih bersemangat menghabiskan hari. Menurut salah satu jurnal kesehatan, olahraga yang tepat juga bisa membuat Anda lebih bahagia dan membuat awet muda.

Lalu, olahraga apa saja yang tepat dan bisa dilakukan selama 10 menit.

Begini lho caranya?

  1. Mulailah dengan pemanasan, walaupun tampak sederhana namun olahraga tanpa pemanasan yang cukup dapat meminimalisir cidera yang ada, lakukan selama 2 menit.
  2. Lakukan Jumping Jack selama 60 kali, gaya ini dilakukan dengan posisi kaki tertutup rapat dan kedua tangan siap diposisi samping badan. Lalu buka kaki dan tangan yang Anda rasa nyaman dan loncat kecil secara beraturan bawa kedua tangan dalam posisi lurus ke atas kepala, lakukan selama 1 menit.
  3. Lanjut dengan Bicyle Crunch, caranya, berbaring telentang dengan menekuk kedua lutut dan kedua telapak kaki rata di lantai. Letakkan tangan dibelakang kepala.Angkat bidang bahu dan kaki dari lantai lalu tekuk lutut membentuk sudut 90 derajat. Lakukan gerakan mengayuh di udara secara perlahan seperti mengendarai sepeda, lakukan selama 1 menit.
  4. Gerakan ketiga melakukan plank, caranya Anda dalam posisi tengkurap, letakkan kedua lengan dengan jarak pendek di depan kepala lalu angkat badan hingga punggung dan bokong sejajar, gerakan ini mirip dengan push up, lakukan selama 1 menit.
  5. Selanjutnya, lakukan side plank, atau gaya plank menyamping, caranya, sama seperti pada plank namun ke arah samping kiri dan samping kanan, usahakan Anda mampu menopang tubuh, lakukan bergantian selama 2 menit.
  6. Gerakan terakhir, Anda bisa melakukan Ab V Ups yaitu mendorong tangan bersentuhan dengan ujung kaki untuk melatih otot perut, caranya, dalam posisi telentang, letakkan lengan sejajar disamping telinga, angkat kaki dan badan secara bersamaan, dorong tangan hingga jari tangan bisa menyentuh jari kaki, lakukan selama 2 menit
  7. Terakhir adalah pendinginan, Anda dapat memilih untuk berbaring dengan gaya Shavasana dalam olahraga Yoga sambil mendengarkan alunan musik yang bisa membuat Anda lebih rileks, lakukan selama 1 menit.

Olahraga pagi ini juga tak memakan banyak tempat dan Anda bisa melakukannya di ruangan kamar tidur. Hasilnya, tak hanya sehat, Anda juga akan memiliki semangat dan siap berenergi sepanjang hari.

Selamat mencoba…

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *