Sebanyak 6.500 Mahasiswa Unnes Ikuti Pendidikan Bela Negara

Caption: Mendagri Tjahjo Kumolo (Putih), ditemani Rektor Unnes Fathur Rokhman ( Tengah Kuning) membunyikan Sirine pemberangkatan Peserta pendidikan bela negara

SEMARANG (Asatu.id) – Sebanyak kurang lebih 6.500 mahasiswa mengenakan setelan putih hitam memadati Lapangan Rektorat Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sekaran Gunungpati, Jumat (8/9).

Dibawah panasnya terik matahari Kota Semarang, para mahasiswa baru, baik putra maupun putri tetap tegak berdiri sembari mendengarkan pidato-pidato yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi dan Rektor Unnes, Fathur Rokhman.

Rektor Unnes, Fathur Rokhman mengatakan, Pendidikan Bela Negara merupakan program yang dicanangkan oleh presiden Joko Widodo sejak 19 Desember 2014 silam.

Caption: Ribuan mahasiswa saat acara pelepasan peserta pendidikan bela negara

“Bela negara diatur dalam pasal 27 ayat 3 undang-undang dasar 1945, yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Maka itu, Unnes memandang sangat perlu dilaksanakan pelatihan bela negara bagi seluruh mahasiswa yang merupakan kader bela negara dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Fathur berharap, dengan Pendidikan Bela Negara tersebut dapat membentuk mahasiswa Unnes menjadi kader yang dapat memberi pengaruh positif bagi lingkungan sekitarnya dan juga bangsa Indonesia.

“Program ini memiliki ruh untuk menumbuhkan rasa cita tanah air dan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan,” pugkasnya.

Sementara, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, Pendidikan bela negara merupakan program prioritas pemerintah, khususnya Menristekdikti, yang bekerjasama dengan Menhan, dan juga kementerian dalam negeri.

“Ini merupakan program prioritas pemerintah untuk mendorong mahasiswa agar tidak hanya diberikan motivasi meningkatkan kualitas belajarnya saja namun juga bela negara sebagai wujud tanggung jawab warga Indonesia untuk mempertahankan NKRI,” tutup Tjahjo dalam pidatonya.

Sebagai informasi, 6.500 mahasiswa baru Unnes tersebut akan menjalani Pendidikan Bela Negara selama 10 tahapan mulai tanggal 8 September hingga 12 November 2017 di Rindam IV Diponegoro Magelang.

58

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan