Komisi VII DPR RI Dan Kementerian Energi ESDM Berikan 531 Koverter Kit Untuk Nelayan

DEMAK (asatu.id) – Sebanyak 513 mesin dan perlengkapan berupa paket koverter kit diberikan kepada perahu nelayan di pesisir Demak oleh Komisi VII DPR RI bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pemberian bantuan yang ditujukan kepada nelayan kecil di Pelabuhan Ikan Morodemak, Kecamatan Bonang tersaebut merupakan tahapan kedua setelah setahun sebelumnya sudah diberikan sebanyak 400 paket mesin konverter kit.

Anggota Komisi VII dari Fraksi PDI Perjuangan Daryatmo Mardiyanto mengatakan, sebelumnya, nelayan menggunakan perahu sopek dengan mesin yang boros energi.

Setiap melaut, para pelayanan disana menggunakan bahan bakar jenis premium yang setidaknya membutuhkan biaya Rp 150 ribu per-hari untuk membeli bahan bakar.

“Setelah pakai mesin converter kit, bahan bakarnya kan pakai elpiji 3 kilogram, alhasil biaya operasional mesin perahu jadi lebih murah. Ongkos bahan bakar lebih irit, dengan demikian adanya bantuan tersebut dapat menenkan beban nelayan ketika melaut,” ungkap Daryatmo.

Sementara Dirjen Migas Kementrian ESDM, Ego Syahrial menerangkan, pada 2017 ini, pihaknya membagikan sebanyak 16.981 paket converter kit senilai Rp 120.92 miliar kepada nelayan di 26 kabupaten seluruh Indonesia, termasuk di Demak. Menurutnya, dengan bahan bakar elpiji ini nelayan bisa menghemat biaya 50 persen.

“Untuk kriteria penerima bantuan yaitu nelayan yang memiliki perahu kurang lebih 5 grosstone (GT), kapal berbahan bakar bensin, solar dan berdaya mesin kurang lebih 13 HP serta belum pernah menerima bantuan sejenis.

Dengan bahan bakar elpiji ini nelayan bisa menghemat biaya 50 persen dan lebih murah, nelayan juga tidak perlu jauh jauh beli premium di SPBU,” pungaksnya.

Ia menambahkan, distribusi paket elpiji 3 kg untuk nelayan kecil yang berlangsung sejak 2016 ini sekaligus mendukung ketahanan energi sesuai Perpres Nomor 126/2015 tentang penyediaan dan penetapan harga elpiji untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil.

Untuk informasi, bantuan terdiri dari konverter kit,  mesin kapal, serta pemasangan tabung elpiji.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *