Kadinkes : Soal Rubella Tak Perlu Panik

SEMARANG (asatu.id) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Semarang, Widoyono mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak perlu khawatir dan tidak ragu dalam melakukan program Imunisasi Campak Rubella (MR) bagi anak usia 9 bulan – 15 tahun.

Ia menegaskan, Imunisasi Campak Rubella sudah mendapatkan sertifikasi halal dan aman jika digunakan.

“Imunisasi Campak Rubella halal dan aman, MUI sudah menyatakan kehalalannya,” terang Widoyono saat ditemui asatu.id di kantornya, Jalan Pandanaran No. 79 Semarang, Rabu (16/8).

Sementara terkait fungsi Imunisasi Campak Rubella (MR) ia menjelaskan secara sederhana, imunisasi MR bertujuan untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap virus Rubella.

Masih melanjutkan, bahwasannya virus Rubella tidak memiliki efek yang membahayakan, namun jika tidak diberikan imunisasi seseorang akan dengan mudah terkena virus tersebut.

“Virus Rubella tidak begitu bahaya, namun bila menyerang ibu hamil dapat menyebabkan si bayi bisa mengalami kecacatan seperti  buta dan tuli. Untuk diketahui. Virus Rubella dapat menular melalui batuk, bersin, atau percikan ludah,” pungkasnya.

Untuk informasi, Dinas Kesehatan Kota Semarang akan melaksanakan program Imunisasi Campak Rubella (MR) di 228 Pos Paud, 783 TK/ RA sederajat, 596 SD/ MI sederajat, 212 SMP/ MTs sederajat pada bulan Agustus ini. Dan melakukan vaksing di 1.581 Posyandu pada bulan September 2017 di seluruh Kota Semarang.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *