Jaga Wilayah Laut, Indonesia Gelar Pelatihan Ini

Caption : Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Desra Percaya, mewakili Menteri Luar Negeri saat membuka pelatihan Maritime Safety and Security Programme’ di Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC), Komplek Akademi Kepolisian (Akpol). (imboh/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Guna menjaga wilayah laut dari berbagai tantangan dan ancaman, Indonesia menggelar pelatihan ‘Maritime Safety and Security Programme’ (program keselamatan dan keamanan maritim).

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Desra Percaya, mewakili Menteri Luar Negeri saat membuka pelatihan mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang dihimpit dua lautan yakni Samudra Hindia dan Pasifik, wajib menjaga lautnya agar kondusif untuk jalur perdagangan internasional dan bebas dari ancaman keamanan.

“Sebagai negara maritim, Indonesia harus memiliki kapasitas untuk dapat menjaga wilayah lautnya dari berbagai tantangan pencurian ikan, perampokkan, polusi dan sampah laut, perdagangan ilegal narkotika, senjata dan manusia,” paparnya di Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC), Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Selasa (15/8).

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan kerja sama antara para penagak hukum di laut dengan meningkatkan kapasitas keahlian dan keterampilan dalam menjaga kedaulatan di laut. Program ini, terusnya, merupakan salah satu wujud komitmen Indonesia yang dituangkan dalam Jakarta Concord, kesepakatan hasil KTT IORA bulan Maret silam.

“Sebagai ketua, Indonesia berkomitmen mendorong kerja sama IORA utamanya di bidang keselamatan dan keamanan maritim. Demikian halnya dengan kawasan Pasifik, sebagai immediate neighbour, Indonesia juga mendorong penguatan kerja sama utuk mengatasi isu-isu maritim yang menjadi permaslahan berama,” tutupnya.

Dalam pembukaan ini turut dihadiri oleh Direktur Esekutif JCLEC Kombes Puji Sarwono, Direktur Esekutif JCLEC asal Australia James Stokes, Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol M. Chairul Noor Alamsyah sebagai perwakilan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavia serta tamu undangan lainnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *