Begini Kata Menteri PU PR Soal Jalan Tol Trans Jawa

SALATIGA (asatu.id) – Proyek nasional Jalan Tol Trans Jawa akan dioperasikan akhir 2018 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Minggu (13/8).

Basuki mengatakan, proyek Tol Salatiga – Solo baru digarap pada tahun ini dan direncanakan akan rampung pada tahun 2018 mendatang.

“Salatiga-Solo mau dimulai tahun ini, pengerjaan sudah mencapai 15 persen, insyaa Allah akhir 2018 bisa tersambung,” ungkap Basuki ditemui wartawan di sela-sela acara Festival Jalan Tol Jasamarga di Gerbang Tol Bawen – Salatiga, Minggu (13/8).

Dengan demikian, terus Basuki, jika ruas tol Brebes – Semarang sebelum mudik pun sudah tersambung maka ahkir 2018 mendatang seluruh Tol Trans Jawa dapat dioperasionalkan untuk masyarakat.

Menteri asal Surakarta ini mengungkapkan, ruas Tol Trans Jawa memiliki panjang kurang lebih 661 kilometer, terhitung mulai dari Jakarta hingga Surabaya. Basuki menambahkan, investasi Tol Trans Jawa memiliki macam-macam pendanaan adanya tidak bisa dipukul rata.

“Macem-macem, kalau at grade (jalan tol di atas tanah) kisaran Rp 80 – 100 Miliar, yang elevated (jalan layang) bisa mencapai 2-3 kali lipat. jadi harus dihitung betul,” pungkas Basuki.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *