Selain HTI, Ada 5 Ormas Yang Ingin Mengkilafahkan Indonesia

ormas

Caption : Kepala Bidang Ketahanan Bangsa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jateng, Atiek Surniati. (imboh/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyatakan terdapat lima organisasi selain Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang ingin mengganti ideologi Pancasila menjadi negara khilafah Indonesia.

Hal itu diutarakan Kepala Bidang Ketahanan Bangsa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jateng, Atiek Surniati. Dikatakanya ke lima organisasi tersebut ialah Aliansi Nasional Anti-Syiah (ANAS), Jamaah Ansarut Tauhid, Majelis Mujahidin Indonesia, Forum Umat Islam, dan Front Pembela Islam.

“Kelima organisasi itu tidak memiliki surat keterangan resmi yang terdaftar sebagai organisasi massa di Kesbangpol,” ujarnya usai menjadi pembicara seminar bertajuk ‘Deru Perppu Meremas Ormas di Kantor Kesbangpol Jateng’, Rabu (26/7).

Atiek melanjutkan, karena tidak memiliki surat keterangan terdaftar di Pemprov Jateng saat ini pihaknya merasa kesulitan untuk memutus akses pergerakan para pengurus dan anggota ke lima organisisasi itu.

Menurut Atiek, pihaknya sekarang hanya mampu bertindak sebatas pemantauan bersama aparat kepolisian.

“Terdapat 763 organisasi massa yang terdaftar secara resmi di Kesbangpol Jateng dengan rincian 4001 LSM dan 282 ormas. Namun dari banyaknya organisasi itu yang memiliki badan hukum hanya 78 organisasi,” pungkasnya.

69

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan