Melalui Festival, Produk Unggulan Kendal Semakin Dikenal

UNGGULAN – Festival Produk Unggulan Daerah Kabupaten Kendal digelar Alun-alun Kendal, sejak Jumat (21/7) sampai Minggu (23/7). Festival itu bertujuan agar produk-produk asal Kendal bisa lebih dikenal masyarakat luas. (yoga/asatu.id)

KENDAL (asatu.id) – Selama ini orang Kendal akan kesulitan menjawab, saat ditanya apa makanan atau ciri khas dari Kota Beribadat tersebut. Untuk itu, Pemkab Kendal melalui Festival Produk Unggulan Daerah Kabupaten Kendal mencoba lebih mengenalkan berbagai produk potensial yang dianggap mampu menjadi representasi ciri khas dari Kabupaten yang terletak di Barat Kota Semarang tersebut.

Festival Produk Unggulan Daerah Kabupaten Kendal digelar di Alun-alun Kendal, sejak Jumat (21/7) sampai Minggu (23/7). Kegiatan ini diikuti 25 stand, yang berasal dari 20 Kecamatan, ditambah stand dari Hipmi Kendal, GOW Kendal, Forum UMKM Kendal, Paguyuban UMKM Kendal Permai, dan TP PKK Kendal.

Dalam sambutannya, Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan jika kegiatan ini merupakan moment yang tepat untuk lebih mengenalkan produk-produk khas Kendal sebagai produk kebanggaan dari Kota Beribadat, khususnya kepada masyarakat Kendal sendiri serta orang dari luar Kendal pada umumnya. Diharapkan pula bisa menjadi daya ungkit bagi perekonomian di Kabupaten Kendal.

“Produk-produknya sudah bagus, tapi harus terus ditingkatkan kualitasnya agar mampu dikenal masyarakat luas. Karena sebenarnya potensi yang ada cukup besar, tinggal membutuhkan ide-ide baru dan kreatif saja untuk mengolahnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (Dinskop dan UKM) Kendal, Sutiyono mengungkapkan kegiatan ini untuk meningkatkan produk-produk unggulan Kabupaten Kendal agar mampu berdaya saing dengan daerah lainnya. Menurutnya,  kegiatan ini baru pertama kalinya dan direncanakan akan terus dikembangkan ke depannya untuk lebih baik lagi.

“Produk yang ditampilkan yang berdaya saing dan telah diseleksi, agar nantinya bisa dikembangkan,” paparnya.

Terpisah, Ketua Forum UMKM Kendal, Delta Lexi Arbawa, selaku panitia menyatakan, tiap stand harus menampilkan dua produk makanan atau minuman yang sudah dikemas serta dua produk handycraft atau kerajinan. Penilainnya dibagi dua kategori tersebut.

“Total hadiahnya Rp16 juta dibagi untuk dua kategori, jadi masing-masing kategori Rp8 juta,” ucapnya.(yoga arif)

180

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan