554 Mahasiswa FITK Resmi Dilepas Latihan Mengajar

SEMARANG (asatu.id) – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Walisongo melepas 554 mahasiswa untuk latihan mengajar di 46 sekolah di Kota Semarang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Grobogan.

Dekan FITK, Dr H Raharjo MEd.St mengatakan Sebelum mulai mengajar, mahasiswa telah mengikuti latihan mengajar dengan mata kuliah micro teaching dan mendapatkan pembekalan PPL.

Ada enam program studi yang diterjunkan mengikuti PPL ini, yaitu PAI, PGMI, MPI, PIAUD PBA dan PBI. Selain itu, Raharjo juga menyampaikan agar mahasiswa menjaga nama baik dan siap mengahadapi tantangan  di lapangan.

Raharjo menekankan kepada mahasiswa pentingnya menunjukan sikap positif dan profesional selama mengikuti PPL.

“Mahasiswa juga harus disiplin, setia kawan, bertangung jawab dan memiliki toleransi yang tinggi” ungkapnya.

Ia menerangkan, bahwa kegiatan PPL ini untuk melatih ketrampilan profesional para mahasiswa. Meskipun hanya sekedar praktikan dan latihan, akan tetapi mahasiswa harus menunjukan sikap profesionalitas. Bentuk profesionalitas itu adalah mencintai pekerjaan yang sedang ditekuni dan tidak hanya asal kerja.

Ia berpesan, Calon guru jangan hanya melakukan transfer ilmu saja, akan tetapi ada transformasi sikap dan pengetahuan peserta didik dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

“Harus bisa menciptakan “Paikem Gembrot” (pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan gembira dan berbobot). Jadi tidak cuman memberikan pelajaran saja,” tukasnya.

151

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan