Kapolda Jateng : HTI, Masih Nekat Kami Tindak

Caption : Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono (imboh/Asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono akan melakukan tindakan tegas jika ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) masih melakukan aktivitas di wilayah yang dipimpinnya.

Hal ini mengingat, status badan hukum ormas HTI sudah dicabut oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) belum lama ini.
“Beberapa waktu lalu ormas HTI kan status badan hukumnya sudah dicabut oleh Kemenkumham, jadi secara resmi HTI tidak diperkenankan beraktivitas lagi, jika nekat kami akan tindak,” ujarnya di Lobi kantor Ditres Narkoba Polda Jateng, Jalan Tanah Putih Semarang, Kamis (20/7).
Dikatakan Codro, pihaknya saat ini melakukan pengawasan terhadap ormas yang dianggap menentang ideologi Pancasila ini.
Condro pun menambahkan, pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah di Jateng yang terindikasi terdapat ormas HTI.
“Kita sudah mapping dan monitoring daerah mana-mana saja yang ada ormas HTI di Jateng, kami lihat di beberapa tempat sudah melakukan pencopotan atributnya. Kami mengimbau agar kantor-kantor ormas HTI yang masih memasang atributnya segera dilepaskan,” pungkasnya.
Pencabutan status hukum HTI dilakukan sebagai tindaklanjut terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 yang mengubah UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.
174

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan