Dewan Dukung Desa Kandri Bertaraf Internasional

Caption : Wantimpres Sri Adiningsih mengunjungi Desa Wisata Kandri beberapa waktu lalu (vedyana/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Kalangan Dewan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang agar memiliki rencana yang matang terkait pembangunan Desa Wisata Kandri di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati sebagai desa wisata bertaraf internasional.

”Tentu kami setuju dan senang dengan program tersebut, karena memang harapan dan aspirasi masyarakat sana untuk menjadikan Kandri sebagai Desa Wisata yang maju,” ujar Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo, Rabu (19/7).

Anang menambahakan, dalam pembangunan desa wisata bertaraf internasional itu harus bisa melibatkan masyarakat lokal. Ia mencontohkan, keterlibatan masyarakat dalam pengadaan penginapan atau home stay dengan memberdayakan rumah-rumah penduduk dengan fasilitasi pemkot sesuai ketentuan.

“Lalu masyarakat sekitar melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada juga harus dibekali dengan pelatihan-pelatihan sebagai pelaku wisata setempat. Masyarakat di sana sudah siap, tapi masih perlu pembinaan,” imbuhnya.

Pastinya, Keberadan desa wisata tersebut akan berdampak pada perekonomian warga juga penerimaan pajak atau retribusi daerah.

“Hal itu menjadi harapan bagi masyarakat sekitar agar Desa Kandri menjadi desa wisata yang lebih maju,” tukasnya.

 

29

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan