Cinta Produk Lokal, Mahasiswa USM Gelar Pelatihan Kerajian Bunga Sakura

SEMARANG (asatu.id) – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) gelar Pelatihan Membuat Bunga Sakura bersama Anak-Anak Panti Asuhan Ikhlasul Amal, Kelurahan Sawah Besar, Gayamsari, Semarang.

Kegiatan ini mengajak UMKM kerajinan Hiasan Pohon Sakura serta gabungan organisasi wanita kota semarang.

Kegiatan yang bertema “Aku Lokal” di ikuti 29 anak yang dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat berkarya selain mendapat pendidikan formal mulai dari usia muda. Serta mencintai hasil produk lokal yang dapat dikembangkan.

Ketua kegiatan, Niken Yodaningrum, mengatakan, Tujuan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan produk kerajinan lokal, biar anak-anak jadi tahu.

“Cara pelatihan hiasan pohon sakura itu dibikin dari manik-manik plastik. Kemudian dirangkai dan dililit dengan benang dan kawat di tangkai pohon,” katanya.

Sementara itu Pengasuh Panti Asuhan Ikhlasul Amal, Mustofa Winanto mengapresiasi kegiatan pembelajaran yang diadakan oleh mahasiswa usm tersebut.

Pihaknya berharap bisa memingkatkan ketrampilan pada anak-anak agar bisa berkreatif.

“Tentunya anak-anak membutuhkan pendidikan keterampilan diluar pendidikan umumnya. Artinya anak-anak membutuhkan pendidikan vokasi dari lingkungan luar,” tuturnya.

Ia menambahkan selama stigma anak-anak panti asuhan itu miring mulai dari lingkungan yang kumuh dan anak yang nakal. Padahal, lanjutnya anak-anak panti asuhan memiliki potensi kuat berperan memajukan bangsa dengan melihat bakatnya.

“Stigma tersebut perlu dibuang, untuk mengangkat pendidikan anak-anak. Artinya anak-anak butuh pendidikan dari lingkungan luar. Kami sering mendapat kunjungan dari universitas dan kalangan lain untuk memberikan pendidikan keterampilan anak-anak,” tutupnya.(Farhan)

 

163

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan