Timbangan Portabel, Terobosan Baru Dishub Semarang

SEMARANG (asatu.id) – Pembelian alat timbangan portabel dinamis yang berguna untuk mengetahui tonase truk menjadi terobosan terbaru dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang sebagai langkah untuk mengurangi potensi kerusakan jalan akibat dilewati oleh kendaraan yang overload beratnya.

Alat tersebut digunakan Dishub Kota Semarang untuk melakukan pengecekan muatan truk-truk yang disinyalir bermuatan over di Jalan Kaligawe Semarang, Senin (10/7). Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melihat langsung jalannya kegiatan pengecekan tersebut di Jalan Kaligawe, Senin (10/7) sore.

Wali kota yang akrab disapa Hendi ini pun mengapresiasi langkah Dishub Semarang dalam meminimalisir kerusakan Jalan Kaligawe Semarang.

“Teknisnya tadi truk tinggal diminta lewati alat tersebut. Setelah itu akan keluar resi cetakan yang menyebutkan jumlah muatannya. Jadi misal jalan kapasitasnya hanya 10 ton atau 30 ton, tapi dari hasil resi di alat itu tonase truk besar tersebut sampai 46 ton, lha ini kan bisa menyebabkan jalan cepat rusak,” kata Wali Kota Hendi saat meninjau pengecekan.

Hendi membeberkan, untuk menambah jangkauan pengecekan truk yang melintas, pihaknya akan melakukan penambahana unit alat timbangan portabel tersebut. “Alat timbang portable saat ini kan baru ada satu unit, nanti di perubahan anggaran akan ditambah supaya jangkauan pengecekan truk bisa lebih luas,” ucapnya.

Kepala Dishub Kota Semarang Muhammad Khadik menambahkan, kerusakan jalan yang terjadi di beberapa ruas jalan di Kota Semarang salah satunya disebabkan oleh angkutan yang overload muatannya. Untuk itu, pembelian alat tersebut menjadi salah satu inovasi dalam rangka menjaga fasilitas umum khususnya jalan.

“Kami akan merutinkan operasi pengecek muatan ini supaya fasilitas jalan ini bisa terjaga baik,” imbuhnya.

Ditanya menyoal harga dari timbangan teraebut, pihaknya menerangkan bahwa untuk pembelian alat ini per unitnya mencapai Rp 168 juta. “Rencananya nanti akan melakukan penambahan setidaknya dua unit alat timbang portabel,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *