Inovasi Pemkot dapat Apresiasi Menteri Koperasi

Inovasi Pemkot dapat Apresiasi Menteri KoperasiSEMARANG (asatu.id) – Kota Semarang sukses menggelar peringatan ke-70 Hari Koperasi tingkat Provinsi Jawa Tengah. Berbagai acara digelar dari Jumat-Minggu(7-9/7) di Wisma Perdamaian dan Lapangan Simpang Lima Semarang, Sabtu (8/7). Hal tersebut mendapat apresiasi langsung dari Menteri Koperasi dan UKM RI, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Tak hanya itu, Menteri Koperasi dan UKM juga mengapresiasi 2 program inovasi Pemkot Semarang dalam pengembangan koperasi dan UKM. Yakni program Kredit Wibawa berbunga 3% per tahun serta inovasi pengurusan ijin online UKM melalui iJus Melon (Ijin Usaha Mikro Melalui Online).

Hal ini menurutnya merupakan wujud komitmen dalam pengembangan koperasi dan usaha mikro di Kota Semarang

Senada dengan Menteri Koperasi dan UKM, Walikota dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan bahwa semangat gotong royong dari, oleh dan untuk masyarakat adalah ruh dalam koperasi untuk  menggerakkan perekonomian.

Komitmen Kota Semarang yang salah satunya diwujudkan melalui iJus Melon dan kredit usaha wibawa diharapkan juga dapat terus mengembangan koperasi dan usaha mikro di Kota Semarang.

“Ruh penguatan dan perkembangan koperasi adalah semangat gotong royong, ekonomi kerakyatan, dari, oleh dan untuk seluruh anggota koperasi,” ungkap Wakil Walikota.

Hasilnya, tercatat sejak tahun 2014 hingga 2016, total 778 koperasi dengan prosentase 88,17%, koperasi aktif berkembang di Kota Semarang. Sebanyak 778 koperasi tersebut menggerakkan 200.000 orang anggota dan 3.074 orang tenaga kerja.

Selain itu, dibukukan omset senilai Rp 2.642.566.000.000,- (dua koma enam trilyun) dan aset Rp.1.448.989.000.000,- (satu koma empat trilyun). Sementara untuk sektor UMKM, Wakil Walikota menyampaikan total 14.771 UMKM telah berIUMK (Ijin Usaha Mikro dan Kecil) dan menyerap tenaga kerja sejumlah 29.770 orang, dengan omset Rp 726.516.161.840.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *