Hari Ini Evakuasi Bangkai Helikopter Basarnas Ditargetkan Selesai

SEMARANG (asatu.id) – Pasca kecelakaan helikopter milik Badan SAR Nasional (Basarnas) yang jatuh di tebing Gunung Butak, Canggal, Candiroto, Temanggung, Minggu (2/7) lalu. Hari ini, tim SAR gabungan kembali melanjutkan evakuasi sisa-sisa bangkai helikopter.

Humas Basarnas Jawa Tengah Zulhawary yang turut serta dalam upaya evakuasi helikopter di Gunung Butak saat dikonfirmasi melalui chat Whatsapp dari Semarang, Kamis (6/7) mengatakan, evakuasi potongan bangkai helikopter akan dibawa tim evakuasi secara manual.

“Karena medannya cuma jalan setapak, kanan kiri sebagian jurang yang cukup curam dengan ketinggian serta memiliki kemiringan 90 derajat. Ditambah jalannya cukup licin karena dari tanah,” terangnya, Kamis (6/7).

Sedangkan untuk bagian serpihan helikopter, lanjut dia, dilakukan pemindahan dengan cara dipanggul secara manual oleh para anggota Basarnas yang terlibat dalam misi evakuasi tersebut.

“Dibutuhkan delapan orang untuk memanggul mesin karena berat. Apalagi gearbox helikopter beratnya 300 kilogram dan harus diangkat secara manual. Ada kurang lebih 100 personel yang mengevakuasi gearbox,” ujarnya.

Hari ini, imbuhnya, tim akan membawa turun bodi dan gearbox helikopter. Sedangkan kemarin, tim evakuasi gabungan sudah berhasil membawa turun bagian ekor helikopter, termasuk rotornya, hoist (alat yg rescuer untuk turun), jok pilot, co-pilot, dan penumpang, potongan bodi kokpit, potongan baling-baling, serta mesin.

Sementara, Komandan Kompi BSG (Basarnas Spesial Group) Charles Barthley J menambahkan, pihaknya akan berusaha menyelesaikan evakuasi bangkai helikopter maksimal hari ini.

“Kita maksimalkan hari ini, kita selesaikan hari ini, kalau tidak selesai kita lanjutkan besok,” pungkas Charles

Diketahui, helikopter milik Basarnas jenis Dauphin  Hr 3602 mengalami kecelakaan di Gunung Butak saat bertolak ke Banjarnegara untuk membantu evakuasi letusan Kawah Sileri, Gunung Dieng, pada Minggu (2/7) lalu.

Dari Kecelakaan tersebut 4 orang anggota Basarnas dan 4 orang crew pesawat dari TNI AL gugur.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *