BNNP Jateng Musnahkan 530 Gram Narkotika

SEMARANG (asatu.id) – Sebanyak 530 gram narkotika jenis methampetamine alias sabu dimusnahkan penyidik Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah (Jateng), Kamis (8/6) petang.

Kepala BNNP Jateng Tri Agus Heru berkata hal ini dilakukan guna melaksanakan mandat pasal 83 Undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Bunyi pasal tersebut yakni memerintahkan pemusnahan barang bukti narkotika, dan berdasarkan penetapan status barang bukti yang dikeluarkan oleh Kejaksaan Negeri Surakarta dan Kejaksaan Negeri Karanganyar,” ujarnya saat memberi keterangan kepada wartawan.

Barang bukti narkotika seberat 500 gram jenis sabu ini, lanjut Agus, disita dari tersangka RABCD yang ditangkap pada hari Sabtu  (13/5) lalu di Jalan Sumpah Pemuda (Barat Unisri) sebelum rel kereta api Nusukan Surakarta.

Pada saat itu, tersangka pulang dari mengambil narkotika dari Surabaya Jawa Timur atas perintah seorang nara pidana LP Narkotika Nusakambangan Cilacap bernama Dicky Albert Nego yang sedang dihukum selama 13 tahun penjara dalam kasus yang sama.

Masih melanjutkan, sementara barang bukti narkotika sejumlah 30 gram jenis sabu disita dari tersangka DM yang ditangkap pada hari Minggu (14/5) lalu di Kampung Klebet Desa Wonorejo Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Sementara tersangka DM meninggal dunia saat dilakukan tindakan tegas kepada yang bersangkutan karena melakukan perlawanan kepada Penyidik BNNP Jateng pada saat dilakukan  pengembangan di daerah Kelurahan Paulan Kecamatan Colomadu, Karanganyar.

Diketahui, DM masih tergabung dalam jaringan tersangka Dicky Albert Nego, yang bertugas mengedarkan narkotika di wilayah Solo Raya.

“Barang bukti narkotika tersebut akan disisihkan sebagian oleh penyidik untuk keperluan pembuktian di persidangan. Sementara untuk para tersangka saat ini ditahan di BNNP Jateng oleh penyidik untuk melengkapi berkas perkara selama proses penyidikan,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *