Pemkot Tata Ulang Jalan Gelatik dan Jalan Suari

pemkotSEMARANG (asatu.id) – Pemerintah Kota Semarang segera melakukan renovasi tahap awal Kawasan Kota lama. Untuk tahap pertama, pemkot akan melakukan perbaikan Jalan Gelatik dan Jalan Suari dengan anggaran Rp 5 miliar.

Dana tersebut berasal dari bantuan keuangan pemerintah Provinsi Jateng.

Sebenarnya, dalam Detail Engineering Design (DED), pemkot membutuhkan dana anggaran Rp 66 miliar untuk menata Kawasan Kota Lama. Adapun Pemprov Jateng mengusulkan Rp 22 miliar dan hanya cair Rp 5 miliar.

“Rencananya,  kegiatan perbaikan mulai dari perbaikan drainase, paving hingga pembuatan asesoris jalan,” ungkap Kabid Tata Ruang, Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Semarang, Ninik Sutiyani, Selasa (9/5).

Nantinya,  lalu lintas akan dilewatkan di dua jalan tersebut, seiring akan dijadikannya Jalan Letjen Suprapto, mulai dari depan Taman Srigunting hingga perempatan Jembatan Berok sebagai kawasan pedestrian.

Selain dua jalan tersebut, kendaraan akan dilewatkan melalui Jalan Kepodang.

Ninik manambahkan, proyek renovasi Gedung Oudetrap juga telah memasuki proses lelang dengan total anggaran Rp 10 miliar.

“Akan ada pengerjaan perbaikan atap, dinding, pintu, dan lantai. Bangunan tambahan yang tidak sesuai dengan bentuk aslinya akan kami bongkar. Butuh perlakuan khusus karena ini bangunan cagar budaya (BCB),” tuturnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *