Dinas Perdagangan Kota Semarang Sita Makanan Kadaluarsa

SEMARANG (asatu.id) – Dinas Perdagangan Kota Semarang menemukan produk kadaluarsa di lima kios Pasar Peterongan saat operasi bahan makanan produk pangan jelang datangnya bulan Ramadhan, Selasa (9/5).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, selain sebagai operasi sebelum ramadhan, pemeriksaan tersebut juga dalam rangka melindungi konsumen di Kota Semarang, khususnya konsumen pasar tradisional.

Pihaknya mengungkapkan, beredarnya bahan kadaluarsa itu dikarenakan ketidaktahuan para pedagang tentang batas waktu expired suatu produk yang tertera di setiap bungkus.

Selanjutnya, untuk memberikan pengetahuan terkait waktu kadaluarsa suatu produk, pihaknya akan melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pangetahuan para pedagang tentang produk kadaluarsa.

Selain produk kadaluarsa, petugas juga menyita makanan yang kedapatan sudah dalam kondisi kemasan rusak dan menjamur. “Tadi setelah kita cek ada memang lima kios yang menjual barang-barang yang kadaluarsa,” ujar Fajar disela-sela operasi pasar di Pasar Peterongan Semarang.

Produk-produk yang tidak layak konsumsi tersebut, dibeli dinas perdagangan dan langsung dibawa untuk disita. “Ada kemasan susu, ada kemasan bumbu komplit ya. Kami ambil ya otomatis kami bayar sesuai standar. Kemudian kami sita dan akan dimusnahkan,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *