Rangsang Kemampuan Bertheater, Upgris Kembali Gelar Festival Drama

SEMARANG (asatu.id) – Festival Drama Tingkat Jawa Tengah di Universitas PGRI (Upgris) Semarang kembali digelar. Pagelaran kesepuluh ini berbeda, itu dikarenakan adanya ikut serta lima perguruan tinggi untuk kategori monolog.

Rektor Upgris, Muhdi mengatakan, untuk festival penambahan kategori monolog dikhususkan untuk antar perguruan tinggi. “pagelaran ini sudah kali kesepuluh, dan kita adakan kategori monolog untuk kedua kalinya,” ujarnya, Rabu (3/5).

Dia menambahkan, sekolah-sekolah membutuhkan ajang seperti ini untuk melihat mengeksplor kemampuan siswa dalam dunia teater. Diakuinya, tidak banyak pihak yang menggelar lomba semacam ini, apalagi dengan kategori rutin. Dan tujuan dari pagelaran ini tak lain ialah untuk hal tersebut.

“Harapannya, ini jadi kesempatan anak-anak SMA – SMK agar bisa aktif di dunia drama atau dunia teater,” tambahnya

Muhdi membeberkan, Para pemenang dalam festival ini nantinya akan mewakili dalam tingkat nasional yang juga diselenggarakan di Upris disetiap tahun genap.

Sementara itu, Ketua UKM Teater Gema Anwar Fuadi menyebutkan, festival ini akan digelar selama lima hari. Setiap harinya akan ada dua sesi pertunjukkan dan setiap sesinya akan menampilkan dua penampil.

“untuk jurinya kita ada tiga, diantaranya adalah Pak Eko Tunas. Ditambah tahun ini Apito Lahere dari Tegal sama Setiawan Leak dari Solo,” pungkasnya.

Sebanyak 15 sekolah setingkat SMA – SMK mengikuti Festival Drama Tingkat Jawa Tengah di Universitas PGRI (Upgris) Semarang dan diikuti lima perguruan tinggi untuk kategori monolog.

165

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan