Cara Sopan Membatalkan Wawancara Kerja

SEMARANG (asatu.id) – Ada beberapa hal yang membuat Anda memutuskan untuk tidak melanjutkan proses perekrutan. Padahal waktu untuk melangsungkan wawancara sudah ditetapkan namun karena suatu hal Anda memutuskan untuk tidak melanjutkannya lagi.

Biasanya karena Anda sudah mendapatkan tawaran yang lain ataupun ternyata Anda sadari Anda tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut. Bagaimana membatalkan wawancara yang sudah ditetapkan dengan cara yang sopan? Simak beberapa tips dari tim Jooble di bawah ini:

1. Nomor Kontak
Makanya sekali lagi penting buat Anda untuk menyimpan nomor kontak orang yang menghubungi Anda untuk wawancara. Tidak hanya meminta nomor kontaknya, Anda juga mencatat namanya. Sehingga kalau sewaktu-waktu Anda merasa perlu, Anda tidak kelimpungan mencari cara menghubungi perusahaan tersebut.

2. Yakin?
Anda sudah yakin untuk membatalkan wawancara tersebut? Hal ini yang harus Anda pastikan berulangkali jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari. Karena Anda tidak bisa menghubungi perusahaan tersebut dan mengatakan Anda ingin kembali melakukan wawancara yang dibatalkan dulu.

3. Alasan Masuk Akal
Jika sudah positif, berikan alasan yang masuk akal kepada user berkaitan dengan alasan Anda untuk tidak melanjutkan lagi proses perekrutan. Jika Anda sudah mendapat tawaran lain, katakan secara sopan dan lugas tanpa bermaksud mengatakan kalau perusahaan yang lain tersebut lebih baik dari perusahaannya.

4. Tidak Perlu Detail
Anda tidka perlu sampai mengatakan secara detail kalau Anda sudah mendapatkan penawaran menarik dari perusahaan A lengkap dengan detail tawaran yang diberikan. Jikalau perusahaan tersebut bertanya lebih jauh Anda tidak perlu menjadi orang jujur yang mengatakan sebenar-benarnya.

5. Ucapkan Terimakasih
Anda juga selayaknya mengucapkan terimakasih karena sudah diberikan kesempatan untuk melakukan proses perekrutan. Jangan merasa berbangga diri karena seolah beberapa perusahaan mengejar Anda sehingga membuat Anda tinggi hati. Bagaimanapun kalau Anda tidak mendapat tawaran yang lain Anda tidak akan menolak perusahaan tersebut.

6. Datang Saja
Jika Anda memang ingin menunjukkan respect kepada perusahaan tersebut tidak ada salahnya Anda tetap memenuhi undangan wawancara tersebut. Anggap saja sebagai jalan untuk silaturahmi. 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *