Pertumbuhan Ekomoni Meningkat, Pengangguran Pun Ikut Meningkat

Foto Ca[trion : Dr. Dody Setyadi, SE, MSi dan keluarga foto bersama tim penguji dan promotor ujian doktor ilmu ekonomi, di kampus Pascasarjana Undip, Selasa, (25/4). (Imboh Prasetya)

SEMARANG (asatu.id) – Pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Jawa Tengah (Jateng), tidak lantas mengakibatkan terjadinya penurunan prosentase pencari kerja yang lebih cepat. Hal tersebut diutarakan oleh Dody Setyadi, SE, MSi Dosen Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang (Polines) yang berhasil meraih gelar doktor dalam bidang ilmu ekonomi di Universitas Diponegoro (Undip).

Menurutnya, persentase pencari kerja terdidik pada periode yang sama mengalami kenaikan. Selama periode penelitianyan pada tahun 2010 hingga 2011, Jateng mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 6,03 persen.

“Disisi lain pada periode yang sama Jateng mengalami penurunan angka pengangguran hanya sebesar 0,19 persen,” jelasnya saat menyampaikan Disertasi di Ilmu Ekonomi, Program Doktor Ilmu Ekonomi Undip, di kampus Pascasarjana Undip, Selasa (25/4).

Kondisi tersebut, tambah dia, menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, tidak selalu diikuti oleh penurunan tingkat pengangguran yang lebih cepat.

“Pengangguran terdidik mengalami peningkatan sebesar 0,27 persen,” pungkasnya.

Dalam ujian terbuka (promosi) Doktornya, Dody menyampaikan Disertasi dengan judul Model Perilaku Pencari Kerja Angkatan Kerja Terdidik pada Pasar Kerja di Provinsi Jawa Tengah (Data Sakernas).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *