KAI Daop IV Operasikan KA Ciremai Tambahan

SEMARANG (asatu.id) – Saat libur panjang dalam memperingati Hari Buruh Internasional, Senin (1/5) esok, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV Semarang kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Ciremai tambahan Semarang – Bandung pulang pergi.

Sebelumnya, melihat tingginya animo masyarakat dalam menggunakan (KA) khususnya pada saat long weekend atau libur panjang, sejak Sabtu (22/4) lalu PT KAI Daop IV Semarang mengoprasikan KA Ciremai Tambahan, untuk kelas ekonomi hingga eksekutif.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo  mengungkapkan, KA Ciremai Tambahan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan KA tujuan Bandung maupun sebaliknya pada saat liburan panjang seperti ini.

“KA Ciremai Tambahan ini dijalankan pada hari Sabtu (29/4) dengan kapasitas total 468 tempat duduk,” jelasnya dalam siaran persnya, Kamis (27/4).

Edy menerangkan, KA Ciremai Tambahan ini membawa 2 kereta kelas eksekutif berkapasitas total 100 tempat duduk, 3 kereta kelas ekonomi ‘new image‘ berkapasitas total 240 tempat duduk, dan 2 kereta kelas ekonomi ‘new image difabel‘ berkapasitas 128 tempat duduk.

Kereta difabel tersebut dilengkapi dengan tempat untuk menaruh kursi roda yang diperuntukan bagi pelanggan yang berkebutuhan khusus, lanjutnya.

“Beroperasinya KA Ciremai Tambahan ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat dari Semarang ke Bandung yang ingin bepergian pada pagi hari mengggunakan transportasi KA dengan aman dan nyaman,” pungkasnya.

Adapun jadwal keberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang dimulai pukul 07.00 WIB dan dari Stasiun Bandung diberangkatkan kembali pukul 18.25 WIB. Adapun tarif tujuan ke Bandung KA Ciremai Tambahan untuk kelas eksekutif senilai Rp 260 ribu, sedangkan untuk kelas ekonomi sebesar Rp 130 ribu.

Selain itu KA Ciremai Tambahan ini juga diberlakukan tarif parsial untuk keberangkatan dari Semarang Tawang untuk tujuan Pekalongan, Pemalang, Tegal, maupun Cirebon. Untuk kelas eksekutif diberikan tarif khusus seharga Rp. 160 ribu dan Rp. 80 ribu untuk kelas ekonomi.

Sedangkan untuk tujuan Jatibarang diberikan tarif khusus Rp. 210 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp. 105 ribu untuk kelas ekonomi. Tarif parsial ini juga berlaku dari dan ke tujuan sebaliknya.

Pembelian tiket untuk KA tersebut dapat dilakukan mulai Kamis (27/4) di loket stasiun, contact center 121, website tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, mesin e-kiosk, dan berbagai channel eksternal resmi lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *