Ringsung Suratno Setuju Jumlah Pramuka di Indonesia Ditambah

SEMARANG (asatu.id) – Sekretaris Kwarcab (Kwartir Cabang) Kota Semarang Ringsung Suratno, menyetujui penambahan jumlah anggota pramuka di seluruh dunia menjadi 100 juta anggota pada tahun 2023. Hal tersebut merupakan visi WOSM (World Organization of Scout Movement).

Ringsung mengungkapkan bahwa sebenarnya, anggota pramuka di Indonesia masuk dalam katagori banyak, apabila dibandingkan dengan negara-negara lain. Menurut data WOSM pada 2017 saja, lanjut dia, jumlahnya sudah tembus angka 21 juta lebih.

Namun demikian, pihaknya terus melakukan beragam upaya untuk menambah jumlah anggota pramuka di Semarang pada tahun ini. “Tindakan kami yang paling nyata adalah melakukan penataan gugus depan, yang dihimpun oleh Kwarran-Kwarran (kwartir ranting) se kota Semarang selaku kepanjangan tangan dari Kwarcab,” ungkapnya, Selasa (25/4).

Bentuk dari penataan Gugus Depan (Gudep) yang dilakukan oleh Kwarran tersebut, di antaranya melakukan kegiatan lomba di tingkat ranting, ungkap dia lagi.

“Kami telah memonitor hal tersebut, karena hal itu memang setiap tahun terjadwal. Dan lomba-lomba yang diadakan, biasanya mampu mendongkrak animo peserta. Selain lomba, secara kontinyu kami menyelenggarakan beragam kegiatan yang bersifat positif,” terang dia lagi.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa Kwarcab kota Semarang selalu berusaha menaikkan frekuensi kegiatan, dengan harapan dapat memberi lebih banyak kesempatan bagi anggota pramuka untuk melakukan kegiatan.

“Di situlah contoh cara menarik keaktifan Gudep maupun peserta didik untuk masuk menjadi anggota pramuka. Sehingga, diharapkan jumlah anggota pramuka di Semarang akan naik secara signifikan,” tutupnya.

Selain itu, dia menambahkan bahwa hal lain yang selalu dilakukan oleh pihaknya adalah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang, maupun Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan monitoring keaktifan Gudep di sekolah-sekolah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *