Dinas Perikanan Fokus Garap Budidaya Ikan Air Tawar

Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang I Gede Made Agun

SEMARANG (asatu.id) – Dinas Perikanan Kota Semarang berencana menggenjot produksi ikan di Kota Semarang. Ikan air tawar menjadi fokus peningkatan produksi ikan di Kota Semarang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang, I Gede Made Agung. Dirinya mengatakan Dinas perikanan akan menggunakan lahan-lahan milik pemerintah kota yang menurutnya representatif untuk program peningkatan produksi air tawar.

“Kita akan manfaatkan tanah-tanah kosong di Semarang ini untuk budi daya, sehingga harapannya produksi ikan yang ada di Semarang akan meningkat,” ujarnya, Minggu (23/4).

Made mengakui, bahwa langkah tersebut merupakan salah satu program dari peningkatan konsumsi ikan di Kota Semarang. Yang mana sampai saat ini, lanjutnya, konsumsi ikan di Kota Semarang mencapai angka 28 kg per orang per tahun. Lebih tinggi dari target yang ditetapkan provinsi yakni 24kg per orang per tahun.

Menurut data yang disampaikannya, hasil ikan budidaya dari nelayan Semarang hanya 25 ton sehari, sedangkan peredaran ikan di Kota Semarang mencapai kurang lebih 125 ton sehari yang dijual di Pasar Kobong.

“Sisanya dari daerah di luar Kota Semarang di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya program budidaya tersebut mampu meningkatkan produksi ikan air tawar pada khususnya dan adanya grafik naik dari konsumsi ikan di Kota Semarang sehingga mampu melampaui target nasional.

“Kalau nasional itu 30 kg per orang pertahun. Jadi ini kan kita kurang sedikit,” tutupnya.

296

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan