Akta Kelahiran Sekarang Bisa Diurus Online

Akta kelahiran online jadi inovasi baru pelayanan Kota Semarang

SEMARANG (asatu.id) – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-470 Kota Semarang, Pemerintah Kota Semarang kembali melakukan inovasi dan kemudahan bagi warganya.

Kali ini, inovasi online dalam kemudahan mendapatkan akta kelahiran bagi warga Kota Semarang dilakukan. Dengan cara online ini, warga yang ingin mengurus akta kelahiran tidak perlu mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Semarang.

Masyarakat cukup melakukan permohonan akta kelahiran melalui alamat website E-Services.Dispendukcapil.SemarangKota.Go.Id selanjutnya masyarakat tinggal mengisi data-data sesuai portal web dan ditambah mengupload surat keterangan kelahiran dan surat nikah.

Kemudian setelah dilakukan verifikasi dari data tersebut, nantinya pemohon akan mendapatkan notifikasi melalui nomor ponsel atau e-mail yang memberitahukan akta dalam bentuk fisik sudah jadi dan dapat langsung diambil di Kantor Dispendukcapil pada jam pelayanannya kerja.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengaku nuansa HUT Kota Semarang tidak akan ditandai secata seremoni saja, namun pihaknya berkomitmen untuk melakukan berbagai inovasi untuk Warga Kota Semarang.

“Setiap tahun pasti ada pertanyaan, apa yang sudah dilakukan pemerintah dalam satu tahun ini, inovasi-inovasi yang selama ini ada saya harap menjadi jawabannya,” ungkap wali kota yang akrab disapa Hendi ini beberapa hari yang lalu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *