Squash, Olahraga Antimainstream Pembakar Kalori Terbanyak

squash

Dua orang atlet olahraga squash sedang giat berlatih

SEMARANG (asatu.id) – Jika anda gemar berolahraga namun ingin mencoba olahraga yang antimainstream, Squash bisa jadi salah satu alternatifnya.

Squash merupakan salah satu olahraga individu di dalam ruangan yang dikelilingi dinding atau kaca, menggunakan raket dengan bola kecil.

Pelatih Squash Jawa Tengah, Rokhis Ridwan menjelaskan, yang paling seru dalam olahraga satu ini yaitu dapat membakar kalori yang tidak sedikit dan terbilang tercepat dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya.

Dikutip dari mensfitnesd.com, olahraga Squash dapat membakar kalori sebanyak 1.034 per jam. Jumlah tersebut terbilang tinggi dibandingkan olahraga sepak bola, tenis dan juga basket. Yang masing-masing membakar kalori sebanyak  862, 689,  dan 689 per jam.

“Squash hanya dimainkan 2 orang saja dalam satu lapangan. Untuk lapangannya berukuran 9.75 x 6.4 meter, lapangan yang terbilang tidak kecil itu jadinya banyak menguras energi. Apalagi membaca laju bolanya yang cukup menguras tenaga dan pikiran jadinya membutuhkan konsentrasi serta kejelian tingkat tinggi,” bebernya, Senin (17/4).

Olahraga Squash, lanjut Rokhis, tidak hanya memakai kekuatan otot saja tetapi memakai kecerdasan otak, jadi semakin bagus permainan atlet tersebut bisa dikatakan atlet itu mempunyai tingkat kecerdasan yang baik pula dalam bidang lainnya, seperti pendidikan.

“Karena Squash merupakan salah satu olahraga yang cepat, jadi setiap kali sebelum ingin memukul bola, atlet sudah harus berfikir 2-3 langkah kedepan untuk merencanakan pukulan. dan jika bisa berfikir lebih dari 3 langkah kedepan berarti bisa dibilang atlet tersebut tingkat kecerdasannya sangat baik,” ungkapnya.

Untuk cara bermain olahraga Squash, terang dia, yaitu dengan memukul bola ke dinding depan menggunakan raket dan memukul secara bergantian dengan lawan.

“Seorang pemain akan mendapatkan point apabila lawan tidak dapat mengembalikan bola hasil pukulan kita,” pungkasnya.

Sistem penghitungan poin, tambah dia, yaitu dengan sistem rally point, dalam satu set pemain yang mendapatkan point 11 terlebih dahulu yaitu pemenangnya. Dengan kemenangan game menggunakan best of five games atau 3 kali kemenangan.

Apabila terjadi poin 10-10 salah satu pemain harus memenangkan point dgn selisih 2 contoh 12-10, 13-11, atau 14-12.

Jika anda ingin mencoba olahraga satu ini, langsung saja datang ke lapangan Squash yang berada di komplek Olahraga Jatidiri Semarang, pada hari Senin sampai dengan Kamis mulai pukul 15.00 hingga 21.00 WIB.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *