Disnaker : KTP Sementara Bisa Dibuat Melamar Kerja

Disnaker : KTP Sementara Bisa Dibuat Melamar KerjaSEMARANG (Asatu.id) – Meskipun Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyatakan KTP Sementara memiliki kesamaan fungsi dengan EKTP yang asli, namun masih terdapat kendala saat digunakan saat proses administrasi.

Salah satu contohnya untuk syarat melamar pekerjaan, penolakan terhadap KTP model ini yang terjadi pada seorang pelamar kerja di Kota Semarang belum lama ini sebetulnya tidak harus terjadi.

Hal itu dikatakan sendiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang, Iwan Budi Setiawan, Kamis (13/4). Ia menilai permasalahanan KTP yang dibuat untuk pengganti sementara dalam memenuhi syarat administrasi di dalam perusahaan itu sama dengan EKTP.

Ia mengungkapkan, ada masyarakat yang melaporkan keluhannya di LaporHendi saat melamar pekerjaan di instansi Go-Jek ditolak lamaran pekerjaannya oleh perusahaan hanya karena menggunakan KTP model ini.

“Semisal ada masyarakat yang melamar pekerjaan masih menggunakan KTP ini, lalu perusahaan tersebut menolak, itu bukan kuasa kami. Kami hanya bisa menyampaikan kepada perusahaan bahwa KTP tersebut berlaku,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, untuk bulan April 2017 ini, Kota Semarang hanya memperoleh blangko EKTP dari pusat sebanyak 10 ribu blangko, sedangkan kebutuhan blangko EKTP Semarang mencapai 120 ribu.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak Disdukcapil mengeluarkan KTP Sementara yang fungsinya sama dengan EKTP.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *